Senin, 23 September 2019 |
FokusJambi - Peristiwa & Umum

Warga Kecamatan Batin Diminta Pelihara Jembatan Gantung

Jumat, 23 Januari 2015 | 09:37:12 WIB wib Dibaca: 1419 Pengunjung
(dok: google)

Laporan Fokusjambi.com

FOKUSJAMBI.COM, JAMBI - Warga Desa Jeluteh, Kecamatan Batin XXIV, Kabupaten Batanghari diminta memilihara jembatan gantung yang baru diresmikan.

Permintaan tersebut dikatakan langsung Gubernur Jambi, Hasan Basri Agus, saat meresmikan jembatan gantung yang menghubungkan lima desa dalam Kecamatan Batin, Kamis.

Gubernur mengungkapkan, jembatan gantung itu dibangun mengunakan Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) Provinsi Jambi tahun 2014 sebesar 2,2 miliar lebih. Konstruksi jembatan dibangun berbeda dengan jembatan gantung pada umumnya.

"Jembatan gantung ini banyak manfaatnya, petani di Kecamatan Batin tentu akan lebih mudah untuk pergi ke kebun dan mengeluarkan hasil tani," kata Hasan Basri.

Gubernur juga mengatakan, di Kecamatan Batin saja sedikitnya sudah tiga unit jembatan yang sudah dibangun dengan dana pemerintah Provinsi Jambi, untuk kepentingan masyarakat.

"Di Kecamatan ini sudah tiga unit jembatan gantung yang kita bangun, yakni di Desa Mata Gual, Aur Gading dan Desa Jeluteh, dan tahun ini kita bangun lagi jembatan gantung di Desa Hazran," katanya.

Menurut Gubernur, jembatan gantung memang dibutuhkan di mana-mana, terutama di sepanjang aliran Sungai Batanghari. Jembatan gantung yang dibangun membelah anak Sungai Batanghari di Provinsi Jambi saat ini ada sekitar 10 unit.

Sementara itu, Kepala Bidang Bina Marga Dinas Pekerjaan Umum Provinsi Jambi, Arfan, menjelaskan, jembatan Jeluteh dibangun sepanjang 180 meter dengan lebar 1,5 meter.

Jembatan yang dibangun tahun anggaran 2014 ini adalah sebagai jalur alternatif lalu lintas yang menghubungkan antardesa dan dapat meningkatkan perekonomian beberapa desa setempat.

Selain itu, kata Arfan, tujuan pembangunan jembatan gantung yakni meningkatkan aksebilitas hubungan antarwilayah Kabupaten Batanghari dan membuka daerah terisolir sepanjang daerah aliran Sungai Batanghari.

Tidak hanya itu, jembatan dibangun dengan tujuan membuka sentra-sentra produksi guna menunjang perekonomian penduduk dan menaikkan Pendapatan Asli Daerah (PAD) serta menunjang hasil produksi pertanian, perikanan, perkebunan, pariwisata dan lain-lain, kata Arfan. (Ant)

KOMENTAR DISQUS :

TABEL LIGA

Top