Selasa, 17 September 2019 |
FokusJambi - Daerah

WALI KOTA: JAMBI KEMBANGKAN BENIH SECARA MANDIRI

Rabu, 12 Oktober 2016 | 10:02:39 WIB wib Dibaca: 535 Pengunjung

FOKUSJAMBI.COM, JAMBI - Wali Kota Jambi Syarif Fasha menginginkan kedepan wilayahnya harus bisa mengembangkan benih padi secara mandiri.

"Karena minimnya lahan pertanian sehingga kita berencana agar Kota Jambi bisa mengembangkan benih," kata Sy Fasha usai temu wicara dengan kelompok tani dan penyuluh se-kota Jambi, Selasa.

Menurutnya, permasalahan yang prinsip adalah Kota Jambi hanya memiliki luas lahan pertanian 1.600 hektare sawah namun mampu memenuhi kebutuhan pangan di daerah ini.

"Kota Jambi tidak bisa menyuplai beras ke daerah lain, maka dari itu saya menginginkan agar Jambi harus bisa menyuplai benih padi ke daerah lain," katanya.

Sebab itu, pihaknya akan berupaya mendorong bersama pihak terkait dengan melibatkan Balai Pengkajian Teknologi Pertanian (BPTP) Provinsi Jambi agar para petani di wilayahnya mampu mengembangkan benih sendiri.

"Nanti sama-sama kita dorong, selain dikembangkan untuk produksi padi juga mengembangkan benih secara mandiri dan bahkan menyuplai ke daerah lain. Ini tentu sangat menguntungkan," katanya menjelaskan.

Pada kesempatan temu wicara dengan kelompok tani dan penyuluh se-Kota Jambi tersebut, Walikota Jambi juga mendorong agar petani tergugah dalam meningkatkan produksi pertaniannya.

Dia juga minta masyarakat untuk memanfaatkan halaman dipekarangan rumah dengan ditanami berbagai jenis sayuran, yang hasilnya bisa digunakan untuk keluarga sendiri.

Sementara itu, Kepala Balai Pengkajian Teknologi Pertanian (BPTP) Provinsi Jambi Takdir Mulya, mengatakan bahwa pihaknya bersinergi dengan pemerintah kota setempat agar para petani secara mendiri mengembangkan benih varietas unggul.

"Kami akan berupaya semaksimal mungkin agar para kelompok tani bisa mengembangkan benih sendiri," kata Mulya. (Ant)

KOMENTAR DISQUS :

TABEL LIGA

Top