Selasa, 23 April 2019 |
FokusJambi - Kesehatan & Gaya Hidup

Wah, Mendengarkan Musik Klasik Mozart Bisa Tingkatkan Fungsi Memori!

Senin, 08 Juni 2015 | 13:04:07 WIB wib Dibaca: 440 Pengunjung

Laporan Fokusjambi.com

FOKUSJAMBI.COM, JAKARTA – Apakah Anda suka mendengarkan musik klasik seperti yang dibuat oleh Mozart? Jika ya, Anda patut bersyukur. Sebuah studi mengungkapkan bahwa mendengarkan musik sejenis ini dapat meningkatkan fungsi memori Anda dan meningkatkan kemampuan berpikir.

Penelitian terbaru yang diungkapkan oleh para ilmuwan dari Sapienza University of Rome dilakukan dengan menganalisis gelombang otak yang berkaitan dengan ingatan 30 orang. Memori mereka dianalisis sebelum dan setelah mereka mendengarkan musik buatan Mozart yang berjudul “L'allegro con spirit” dari Sonata for Two Pianos in D Major K448, dan "Fur Elise" oleh Beethoven.

Setelah dibandingkan, para peneliti menemukan bahwa pola aktivitas gelombang otak peserta (yang berhubungan dengan IQ, kognisi, dan fungsi pemecahan masalah) meningkat setelah mendengar musik Mozart.

Namun yang unik, peningkatan ini tak terjadi secara signifikan setelah para peserta mendengarkan musik komposisi Beethoven.

"Hasil ini mungkin mewakili fakta bahwa musik Mozart mampu 'mengaktifkan' sirkuit korteks neuron (sirkuit sel-sel saraf di otak) yang berkaitan dengan fungsi perhatian dan kognitif," demikian tulis peneliti dalam laporan dalam jurnal Consciousness and Cognition tersebut, seperti dikutip pada Senin (8/6/2015).

Dalam studi ini, para peneliti juga menggunakan mesin EEG untuk merekam aktivitas listrik otak para peserta sebelum dan setelah mereka mendengarkan musik klasik. (dtk)

KOMENTAR DISQUS :

TABEL LIGA

Top