Kamis, 24 Oktober 2019 |
FokusJambi - Ekonomi & Bisnis

UNJA SOSIALISASIKAN PERTUMBUHAN EKONOMI DI MERANGIN

Kamis, 17 November 2016 | 14:43:43 WIB wib Dibaca: 237 Pengunjung
UNJA lakukan sosialisasi pertumbuhan ekonomi di Merangin

 

FOKUSJAMBI. COM, MERANGIN - Tim Pengabdian Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Jambi (UNJA) kemarin (17/11), menggelar sosialisasi pertumbuhan ekonomi yang berkualitas dalam porspektif pembangunan wilayah Kabupaten Merangin.

Acara yang berlangsung di Aula Dua Kantor Bupati Merangin tersebut, Asisten I Setda Merangin H Junaidi menegaskan, perlunya merumuskan konsep pertumbuhan ekonomi yang berkualitas.

‘’Pertumuhan ekonomi itu akan sangat membantu mengurangi kemiskinan, mengurangi pengangguran, meningkatkan pendapatan perkapita, mengurangi kerusakan lingkungan dan meningkatkan pemberdayaan ekonomi rakyat,’’ujar H Junaidi.

Untuk lanjut Asisten I Setda Merangin, pertumbuhan inklusif menciptakan adanya perunahan stuktur ekonomi yang kokoh dan berbasis pada ekonomi kemasyarakatan.

H Zulgani pembicara dari Tim Pengabdian Fakultas Ekonomi dan Bisnis UNJA menegaskan, Intisari dari proses pembangunan ekonomi pada dasarnya adalah pertumbuhan ekonomi.

Sedangkan intisari dari proses pembangunan itu tidak lain adalah kesejahteraan masyarakat. Pertumbuhan ekonomi merupakan peningkatan nilai tambah barang dan jasa yang dihasilkan oleh suatu perekonomian salama periode tertentu. ‘’Biasanya satu tahun,’’jelas H Zulgani.

Untuk mencapai tujuan pembangunan itu lanjutnya, dibutuhkan pembangunan ekonomi, yang salah satu keberhasilannya diukur dengan pencapaian pertumbuhan ekonomi.

‘’Selain itu juga masih banyak indikator lain, namun bagaimanapun juga pertumbuhan ekonomi tetaplah sesuatu yang sangat dominan dalam mengukur keberhasilan pembangunan ekonomi,’’terang H Zulgani.

Manfaat pertumbuhan ekonomi itu sambungnya, dapat diketahui dan diidentifikasi leading sector sekaligus engine of growth yang mendorong dan menyebabkan terjadinya pertumbuhan ekonomi.

Disamping itu, mempermudah dalam rumusan kebijakan pembangunan ekonomi, termasuk pembangunan ekonomi wilayah karena sektor unggulannya sudah diketahui.

Tidak hanya itu jelas akademisi UNJA ini, tapi juga alat pembanding tingkat kemajuan pembangunan ekonomi antar wilayah dan bahkan antar negara. Sebagai indikator kemajuan dan kemajuan dan keberhasilan pembangunan ekonomi dalam periode tertentu. (Han)

KOMENTAR DISQUS :

TABEL LIGA

Top