Jumat, 23 Agustus 2019 |
FokusJambi - Pendidikan

UIN JAMBI BUKA EMPAT JALUR PENERIMAAN MAHASISWA

Jumat, 11 Mei 2018 | 09:54:16 WIB wib Dibaca: 1573 Pengunjung

FOKUSJAMBI.COM, JAMBI - Universitas Islam Negeri (UIN) Sultan Thaha Jambi membuka empat jalur penerimaan mahasiswa baru untuk tahun akademik 2018-2019.

"Penerimaan pertama melalui jalur Seleksi Prestasi Akademik Nasional Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri (SPAN-PTKIN) sudah rampung akhir Maret lalu, peminatnya meningkat signifikan," kata Humas UIN STS Jambi Z Zakiah di Jambi, Kamis.

Zakiah menyebutkan, empat jalur penerimaan mahasiswa baru pada tahun itu selain Seleksi Prestasi Akademik Nasional Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri (SPAN PTKIN) yakni Ujian Masuk Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri (UM-PTKIN), Prestasi, Minat, Bakat, dan Keterampilan Khusus (PMBK) dan seleksi mandiri.

Berdasarkan data terakhir, terjadi peningkatan minat pendaftar calon mahasiswa baru tahun ini di UIN STS. Seperti di jalur SPAN-PTKIN jumlah peminat meningkat, bila tahun 2017 pendaftar sekitar 1.600 orang, pada tahun 2018 mencapai 7.000 lebih pendaftar dan yang lulus sekitar 2.386 orang.

"Dari 7.000 pendaftar melalui jalur SPAN-PTKIN, yang lulus 2.386 orang," katanya.

Jalur Seleksi Prestasi Akademik Nasional (SPAN) sudah dilaksanakan pada 1 Maret hingga 29 Maret yang lalu, dan sudah diumumkan kelulusannya pada 1 Mei 2018.

"Mahasiswa yang dinyatakan lulus sudah bisa melakukan registrasi di UIN STS Jambi," katanya.

Sedangkan jalur seleksi mahasiswa baru kedua, yakni ujian lisan Ujian Masuk Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri (UM-PTKIN) diikuti oleh 71 peserta ujian yang digelar pada Rabu (9/5).

Penguji lisan, yang merupakan salah satu ujian khas di UIN Jambi dilakukan oleh penguji lisan UM-PTKIN, Prof Dr. H Suaidi MA Ph.D dan Rahmadi MHI.

"Ujian lisan untuk UM-PTKIN digelar Rabu kemarin, dilaksanakan di ruang kerja WR I dan WR II UIN STS," kata Zakiah.

Tahun 2019 merupakan tahun kedua bagi UIN Jambi melakukan penerimaan mahasiswa baru setelah bertransformasi dari Institut Agama Islam Negeri (IAIN) yang juga berimbas kepada struktur dan pola pengelolaan perguruan tinggi itu.

Selain itu, UIN Jambi juga melakukan penambahan dan pengembangan beberapa fakultas baru di lingkungan perguruan tinggi itu untuk pemenuhan jumlah prodi dan fakultas setelah bertansformasi menjadi universitas.(*)

 

Sumber : Antara

KOMENTAR DISQUS :

TABEL LIGA

Top