Selasa, 17 September 2019 |
FokusJambi

Tutup Kerugian, PDAM Bakal Tambah Pelanggan

Minggu, 18 Januari 2015 | 18:58:35 WIB wib Dibaca: 555 Pengunjung

FOKUSJAMBI.COM, TANJAB BARAT--Pihak PDAM Tirta Pengabuan berjanji bakal mengupayakan peningkatan kualitas dan pelayanan.

Kepala PDAM, Ustayadi Berlian mengatakan pihaknya bakal menjalankan upaya penyesuaian tarif yang diiringi peningkatan pelayanan.

Menurutnya, langkah tersebut perlu dilakukan untuk mencegah kerugian besar PDAM yang kerap nombok biaya operasional.

Selain itu, pihaknya juga bakal menggenjot jumlah pelanggan PDAM dengan menyiapkan 2.500 pemasangan baru.

 "Banyak langkah-langkah yang harus kita lakukan agar tidak selalu merugi biaya operasional. Termasuk diantaranya peningkatan tarif dan penambahan pemasangan baru," tutur Ustayadi.

Kondisi PDAM merugi juga pernah diutarakan Bupati Tanjab Barat, Usman Ermulan yang mengalami kemerosotan  beberapa tahun terakhir.

Padahal, pihak Pemkab dari tahun ke tahun terus memberikan subsidi dengan angka cukup besar mencapai Rp 3 miliar setiap tahunnya. Sementara, jumlah pelanggan PDAM dinilai masih terlalu kecil jika dibanding jumlah rumah tangga.

Dari data yang ada, saat ini jumlah pelanggan PDAM di seluruh Tanjung Jabung Barat terhitung hanya ada sebanyak 3.480 sambungan termasuk sambungan dalam kota Kualatungkal sebanyak 2.444 sambungan

"Angka ini jauh sangat kecil, hanya sepuluh persen dari jumlah rumah tangga dalam kota Kuala Tungkal,” tandas Usman.

Kedepanya, Pemkab Tanjabbar sendiri menargetkan pengolahan air bersih dari Parit Panting Kecamatan Bram Itam dengan kapasitas 200 liter perdetik, dan perbaikan instalasi pipa baru, nantinya akan mampu melayani 20.000 pelanggan baru. (ded)

KOMENTAR DISQUS :

TABEL LIGA

Top