Kamis, 27 Juni 2019 |
FokusJambi - Politik Praktis

TPS 16 SIMPANG III SIPIN LAKSANAKAN PENCOBLOSAN ULANG

Minggu, 01 Juli 2018 | 11:31:01 WIB wib Dibaca: 252 Pengunjung
pelaksanaan pemungutan suara ulang(psu) di tps16 simpang tiga sipin,kecamatan kotabaru jambi

FOKUJAMBI.COM, KOT JAMBI - Satu TPS di kota jami tepatnya di TPS 16 Kelurahan Simpang III Sipin, Kecamatan Kotabaru Jambi Minggu pagi (01/07/2018) melaksanakan pemungutan suara ulang atau(PSU). Pemungutan suara ulang ini dilakukan karena sebelumnya ditemukan adanya pelanggaran di TPS tersebut. TPS 16 ini merupakan TPS gabungan untuk Rt 11 Dan Rt 39 dengan jumlah mata pilih sebanyak 493 orang.

Ketua KPU kota Jambi wein Arifin mengatakan, Pemungutan suara ulang dilakukan karena sebelumnya ditemukan adanya pelanggaran, dimana ada sebanyak delapan warga yang tidak masuk dalam daftar pemilih tetap (DPT), diketahui dapat menggunakan hak pilihnya di TPS ini pada pemilihan Pilwako jambi pada tanggal 27 juni lalu.

“Berdasarkan peraturan PKPU nomor 8 tahun 2018 jika ditemukan di TPS ada satu warga atau lebih tidak terdaftar sebagai maka panwascam dalam waktu dua hari pasca pemungutan suara akan membuat kajian dan penelitian, kemudian disampaikan pada PPK dan KPU untuk diajukan PSU yang dilakukan paling lambat 4 hari setelah pemungutan suara,” Ujar Ketua KPU.

Sebelum dilakukan PSU, wein mneyebut, KPU telah mengganti semua petugas KPPPS dan menyusun tahapan seperti mendistribusikan C6, membangun tenda, dan menyiapkan logistik pemilu lainnya.

“berdasarkan temuan panwas ada delapan orang yang diduga itu tidak terdaftar sebagai pemilih di tps tapi menggunakan hak pilihnya ini, permasalahanya sehingga dilakukan pemungutan ulang dikarenakkan dimana kpps yang mendistribusikan c6 itu beranggapan bahwa mungkin merasa ingin menolong dari pemilih yang tidak dapat c6 sehingga dikasihlah yang seharusnya tidak boleh dilakukan karena mereka tidak terdaftar sebagai pemilih,”ungkap Wein kepada awak media diselasa proses pelaksanaan pemungutan ulang.  

Seperti diketahui, Pada pemilu 27 juni lalu partisipasi pemilih di TPS 16 terbilang cukup tinggi atau sebanyak 70 persen warga atau 364 warga yang menggunakan hak pilihnya untuk Pilwako Jambi. KPU Berharap, partisipasi warga pada PSU juga tetap tinggi hingga TPS ditutup pada pukul 13.00 wib, siang ini.

Dalam pilkada kota jambi kemarin, pasangan Fasha – Maulana diunggulkan dalam hitung cepat, didukung oleh 10 partai politik diantaranya Golkar, Demokrat, Gerindra, Pks, PPP, PKB, PBB, Nasdem, Hanura Dan PKPI.

Fasha sendiri merupakan calon Pertahana, sementara penantangnya Abdullah sani merupakan Wakil Walikota jambi bersama Fasha. Pasangan Abdullah Sani–Kemas Alfarizi sendiri didukung oleh Partai Politik yakni Pdip, Pan, Parti Berkarya dan PSI.(Dar)

KOMENTAR DISQUS :

TABEL LIGA

Top