Senin, 19 Agustus 2019 |
Peristiwa & Umum - Daerah

Tiga Bulan Tak Bayar Rekening PDAM, Langganan Akan Dicabut

Rabu, 16 Maret 2016 | 10:15:41 WIB wib Dibaca: 1460 Pengunjung
Ilustrasi google.com

p- Dinilai Merusak Keuangan Perusahaan

Laporan Wartawan Fokus Jambi

FOKUSJAMBI.COM, SAROLANGUN - Kesadaran warga Kabupaten Sarolangun untuk membayar rekening air Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) masih rendah sekali, hal ini terbukti awal 2016 tunggakan rekening PDAM Tirta Sako Betuah sudah mencapai Rp 3 miliar.

Direktur PDAM Tirta Sako Betuah Sarolangun, Sargawi mengatakan, jumlah pelanggan PDAM Tirta Sako Betuah tercatat sebanyak 8.656 pelanggan. Dari jumlah tersebut tunggakan pelanggan aktif sebanyak senilai Rp 1,6 miliar dan yang telah diputus senilai Rp 1,4 miliar.

“Jadi setelah kita hitung-hitung jumlah tunggakan semuanya hingga saat ini berjumlah Rp 3 miliar,” ujar Gawi.

Akibat banyak pelanggan PDAM yang menunggak setiap bulannya sangat menggangu keuangan perusahaan, apalagi sebutnya, hingga saat ini PDAM masih merugi.

“Kita memang saat ini belum untung, Kalau banyak yang nunggak tentu akan sangat menganggu operasional kita, jadi kita selalu menghimbau kepada pelanggan jangan sampai menunggak tiga bulan,” imbuhnya.

Kendati demikian, pihaknya pun sudah berupaya tegas terhadap pelanggan yang menunggak, Salah satunya dengan penerapkan denda ketika pembayaran telat sesuai dengan ketentuan yang sudah ada.

“Kami selalu meminta pelanggan jika tidak terkena denda membayar tagihan itu sebelum tanggal 20 setiap bulannya. Sebab lewat dari tanggal tersebut maka akan dikenakan denda sesuai dengan ketentuan yang telah disepakati,” ungkapnya.

Selain itu upaya penagihan tunggakan pun terus dilakukan PDAM hingga pemberian teguran lisan, sanksi dan tertulis dan ancaman.

“Kita tetap tegas menghadapi pelanggan, jika memang ada yang menunggak 3 bulan dan sudah kita peringatkan sebelumnya, tidak menutup kemungkinan akan dicabut dan ini sudah banyak dilakukan,” tegasnya. (Ajk)

KOMENTAR DISQUS :

TABEL LIGA

Top