Rabu, 26 Juni 2019 |
FokusJambi - Hukum & Kriminal - Peristiwa & Umum

Taman Burung TMII Siap Tampung Sumbangan Kakatua Jambul Kuning

Jumat, 08 Mei 2015 | 14:47:50 WIB wib Dibaca: 1642 Pengunjung

Laporan Fokusjambi.com

FOKUSJAMBI.COM, JAKARTA - Jika Anda memiliki satwa langka burung kakatua jambul kuning dan ingin menyumbangkannya, Taman Burung Taman Mini Indonesia Indah (TMII) siap menampungnya. Kepala Taman Burung TMII, Muhammad Piter Kombo mengatakan pihaknya siap menerima sumbangan dari kolektor atau penghobi yang sudah paham larangan terkait memelihara satwa langka.

"Bisa, kami siap menampung. Silakan saja datang, berkunjung," kata Piter di kantornya, TMII, Jakarta Timur, Jumat (8/5/2015).

Terkait sumbangan ini menurut Piter tak ada syarat khususnya. Namun, dia menegaskan burung kakatua jambul kuning yang diterima mesti sehat dan tak terdampak wabah penyakit.

Jika burung yang disumbangkan gagal dalam tes kesehatan maka akan dikembalikan.

"Syarat tidak ada. Tapi, kami mesti tes kesehatan hewan yang disumbangkan. Kami menerima sumbangan, bukan titipan. Kalau bebas penyakit, terima. Tapi, kalau tidak kita reject, kembalikan," ujar Piter.

Piter menjelaskan selain dari sumbangan masyarakat, Taman Burung TMII juga menerima satwa burung dari Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) dan Kementerian Kehutanan (Kemenhut). Untuk Kemenhut, satwa burung langka yang terkait dengan hasil penyitaan dari pelaku penyelundupan.

Kemudian, pihak Taman Burung juga melakukan pengembangbiakan kakatua jambul kuning. (dtk)

KOMENTAR DISQUS :

TABEL LIGA

Top