Selasa, 23 April 2019 |
FokusJambi

Sumur Minyak Tua Tak Berfungsi, SDA Harap Bangun Eksplorasi Baru

Kamis, 04 Juni 2015 | 14:48:39 WIB wib Dibaca: 1159 Pengunjung

Laporan Fokusjambi.com

FOKUSJAMBI.COM, JAMBI - Ada beberapa sumur minyak tua yang ada di Jambi saat ini tidak menghasilkan minyak lagi atau tidak berfungsi lagi. Tidak berfungsinya sumur-sumur tua ini beralasan, karena tidak ada lagi menghasilkan minyak bumi, seperti di daerah Kenali Asam.

Kepala Biro Administrasi Perekonomian dan Sumber Daya Alam (SDA) Provinsi Jambi, Masheruddin, mengatakan, saat ini ada beberapa sumur tua yang ada di Jambi tidak berfungsi lagi karena berkurangnya minyak yang dihasilkan. Dengan demikian dirinya berharap di Jambi ada eksplorasi sumur baru.

"Ya ada beberapa sumur tua kita tidak berfungsi lagi," katanya.

Dijelaskanya, apabila sumur - sumur tua tersebut sudah tidak berfungsi lagi, dalam aturan sebenarnya diperbolehkan pemerintah daerah untuk mengelolanya dari dana BUMD.

"Ya tapi kalau tidak menghasilkan minyak lagi untuk apa dikelola," jelasnya.

Akibat dari sumur minyak tua yang sudah tidak berfungsi lagi, di Jambi saat ini mengalami penurunan hasil minyak bumi. Oleh karena itu, dirinya berharap kedepannya ada Eksplorasi baru untuk sumur minyak bumi. Hal itu di lakukan karena, Jambi tidak akan bisa jika hanya mengandalkan dan mengharapkan kepada sumu-sumur minyak yang sudah tua dan sudah tidak berfungsi lagi.

"Ya saat ini kan cuma ekplorasi sumur-sumur tua, belum ada ekplorasi sumur baru, jadi ya penurunan minyak terus terjadi, tapi kalau ada ekplorasi baru mungkin produksi minyak kita bisa lebih," harapnya.

"Ya memang masalahnya jika ekplorasi baru kan butuh anggaran yang besar," tambahnya.

Penurunan hasil minyak bumi tersebut tidak hanya dialami Provinsi Jambi, namun juga terjadi di seluruh wilayah penghasil minyak di Indonesia. "Secara Nasional saat ini kan cuma 850 ribu barrel perhari, kondisi tersebut menurun dari sebelumnya," ucapnya.

Untuk menghadapi kondisi seperti itu, dirinya berharap, BUMD dapat bekerja sama dengan pihak ketiga. Dengan kerjasama tersebut diharapkan sumur-sumur tua dapat dikelola lagi dan dapat menghasilkan minyak walaupun dalam jumlah sedikit.

"Ya kalau memang ternyata tidak ada ekplorasi baru, kita harapkan adanya kerjasama dengan pihak ketiga agar sumur-sumur tua yang ada ini menghasilkan minyak kembali walau jumlahnya sedikit," tutupnya. (Tri)

KOMENTAR DISQUS :

TABEL LIGA

Top