Sabtu, 20 April 2019 |
FokusJambi - Ekonomi & Bisnis

Sulut Ekspor Daging Pala Ke Italia

Senin, 09 Mei 2016 | 15:01:49 WIB wib Dibaca: 1810 Pengunjung
buah pala

 

FOKUSJAMBI.COM, MANADO  - Provinsi Sulawesi Utara (Sulut) mengekspor daging buah pala kering ke Italia karena permintaan yang cukup tinggi akhir-akhir ini.

"Pada Maret 2016, Sulut telah mengekspor daging buah pala kering ke Italia sebanyak 21,78 ton dan mampu menghasilkan devisa bagi negara sebesar 50.094 dolar Amerika Serikat (AS)," kata Kepala Bidang Perdagangan Luar Negeri Dinas Perindustrian dan Perdagangan Provinsi Sulut T Hasudungan Siregar di Manado, Senin.

Dia mengatakan produk daging buah pala kering merupakan produk baru yang diekspor ke Italia.

"Memang, harus diakui Italia merupakan negara tujuan utama ekspor produk turunan pala dari biji pala, fuli pala, batok pala hingga daging buah pala kering," katanya.

Pemerintah berharap, petani dan pengekspor Sulut dapat memanfaatkan kesempatan ini karena daging buah pala juga ternyata bisa diekspor.

"Sehingga kualitas produk dapat ditingkatkan lagi agar permintaan produk baru tersebut bukan hanya saja dari Italia namun bisa saja dari negara lainnya," jelasnya.

Dia menjelaskan pasar Italia masih sangat terbuka untuk pengiriman produk turunan pala asal Sulut, karena masyarakat disana sangat meminati pala asal Kabupaten Kepulauan Siau, Tagulandang dan Biaro (Sitaro) ini.

Dia mengatakan pala asal Sulut diklaim salah satu yang terbaik di dunia, sehingga pasar Eropa sangat meminatinya, karena selain Italia yang menjadi tujuan ekspor pala yakni Belanda, Jerman dan Inggris.

Karena untuk masuk pasar Eropa ada persyaratan tertentu yang harus dipenuhi, namun selama ini produk pala Sulut sudah mampu memenuhinya sehinggi kegiatan ekspor berjalan dengan baik.

Pemerintah, katanya, akan terus memfasilitasi para pengekspor Sulut dalam pengurusan surat keterangan asal (SKA) dan surat lainnya, guna kelancaran ekspor. (Ant)
 

KOMENTAR DISQUS :

TABEL LIGA

Top