Selasa, 17 September 2019 |
FokusJambi - Peristiwa & Umum

SUBHANALLAH,,, RATUSAN WARGA SUKU ANAK DALAM MASUK ISLAM

Senin, 30 Januari 2017 | 13:15:47 WIB wib Dibaca: 999 Pengunjung
walikota jambi syraif fasha pimpin langsung prosesi pengislaman dan pengucapan syahadat terhadap warga Suku Anak Dalam (SAD)

 

p_ Walikota Syarif Fasha Pimpin Langsung Prosesi Pengislaman dan Pengucapan syahadat

FOKUSJAMBI.COM, JAMBI – Sebanyak 181 orang rimba atau suku anak dalam (SAD) yang berasal dari warga dusun batang kelapo, desa rumbung badung 3 bukit 12, sungai rengas, kabupaten batanghari jambi, Senin (301/01/2017) resmi memeluk agama islam.

Dalam pelaksnaaan di Balai Adat Kota Jambi, Walikota Jambi H Sy Fasha memimpin langsung prosesi pengislaman dan pengucapan syahadat terhadap warga Suku Anak Dalam (SAD) yang memeluk Islam tersebut. Fasha membimbing pengucapan syahadat salah seorang SAD yang bernama Becayo. Selain Walikota, pengucapan syahadat juga langsung dibimbing oleh Syekh Ali Jaber.

Prosesi pengislaman ratusan warga suku anak dalam ini pertama kali di Indonesia bahkan jumlahnya terbanyak, sebelumnya Sebanyak 404 warga Suku Anak Dalam yang berada di pedalaman Provinsi ambi akan mengucapkan ikrar 2 kalimat syahadat yang akan berlangsung di Balai Adat Kota Jambi, namun dri pantauan hanya 181 yang hadir dan ikut langsung dalam prosesi pengislaman tersebut.

Seperti diketahui, kegiatan ini awalnya di inisiasi oleh Yayasan Agrapana Bhumi Indonesia (YABI), yang konsen dibidang penanganan lingkungan dan sosial bersama dengan ormas Front Pembela Islam (FPI) Kota Jambi. Kedua organisasi itu, kemudian menghubungi Lembaga Adat Tanah Pilih Pusako Batuah Kota Jambi, yang kemudian disampaikan kepada Wali Kota Jambi selaku Pemangku Adat.

Wali Kota sangat merespon positif, karena dalam agama tidak boleh menghalangi sebuah perbuatan baik apalagi ini urusannya memfasilitasi saudara kita yang mau masuk Islam, terlebih lagi saat ini mereka memang animisme (tidak memiliki agama-red). Yang pahalanya sangat luar biasa besarnya dihadapan Allah SWT. Wali Kota kemudian minta agar dilakukan komunikasi dengan pihak-pihak terkait agar proses pengucapan syahadatain itu berjalan dengan baik.

Jumlah sebelumnya warga Suku Anak Dalam yang bersama-sama akan masuk Islam berjumlah 404 orang yang terdiri dari 124 laki-laki dewasa, 114 wanita dewasa. Sementara sisanya anak-anak usia 7 - 12 tahun yang terdiri dari 90 orang anak laki-laki dan 76 orang anak wanita.

Prosesi pengucapan dua kalimat syahadat itu, dipandu oleh para 'alim ulama dari MUI dan Kementerian Agama, termasuk juga Wali Kota Jambi H. Syarif Fasha akan turut menjadi pembimbing pengucapan ikrar syahadatain itu.

Sementara yang menarik dalam acara pengucapan syahadatain itu juga akan hadir menjadi pembimbing 2 tokoh ulama alumni 212 yaitu Syekh Ali Jaber yang baru-baru ini ditunjuk sebagai Duta Perdamaian PBB, serta Ketua Umum DPP FPI KH. Ahmad Shobri Lubis, LC.

Setelah pengucapan kalimat syahadat, warga Suku Anak Dalam itu akan mengikuti prosesi berikutnya yaitu mandi wajib dan khitanan. (Uti)

KOMENTAR DISQUS :

TABEL LIGA

Top