Minggu, 24 Maret 2019 |
FokusJambi - Olahraga

Sepak Bola – Valencia Akhiri Laju Kemenangan Real

Senin, 05 Januari 2015 | 09:34:42 WIB wib Dibaca: 685 Pengunjung
(dok: google)

Laporan Fokusjambi.com

FOKUSJAMBI.COM, MADRID - Valencia bangkit dari ketinggalan untuk menghentikan laju 22 kemenangan Real Madrid, tapi Barcelona gagal mengambil keuntungan dari hal itu sebab mereka juga kalah 0-1 dari Real Sociedad yang dilatih David Moyes pada Minggu.

Gol bunuh diri Jordi Alba di fase awal pertandingan sudah cukup untuk memberikan kekalahan pada Barca, setelah pelatih Luis Enrique membangkucadangkan Lionel Messi dan Neymar.

Pada pertandingan yang dimainkan lebih awal, penalti Cristiano Ronaldo terlihat membuat Real memulai tahun baru seperti saat mereka mengakhiri 2014, namun Valencia mampu bangkit setelah turun minum melalui gol-gol dari Antonio Barragan dan Nicolas Otamendi untuk membawa timnya melompati Sevilla dan naik ke peringkat keempat.

Real sekarang hanya unggul satu angka atas Barcelona dan Atletico Madrid, namun sang juara Eropa memainkan satu pertandingan lebih sedikit daripada kedua pesaing kuatnya tersebut.

"Saya tidak berpikir kami layak kalah," kata pelatih Real Carlo Ancelotti.

"Kami hanya tidak memiliki keberuntungan untuk mencetak gol ketika kami memiliki peluang-peluang untuk membuatnya menjadi 2-0, kemudian untuk unggul 2-1 dan akhirnya kami memiliki banyak peluang untuk membuatnya (skor) menjadi 2-2." Sementara itu, kemenangan bagi Valencia merupakan dorongan besar untuk memulai tahun yang mereka harapkan akan berpuncak pada kembalinya mereka ke Liga Champions.

"Itu adalah nilai-nilai yang sangat penting," kata Otamendi kepada Canal Plus.

"Itu merupakan pertandingan kunci untuk memulai 2015 dengan baik. Kami memulai tahun ini seperti kami mengakhiri tahun lalu. Kami perlu memberi ucapan selamat kepada grup yang berlatih sepanjang pekan untuk ini." Meski mengawali pertandingan dengan baik, Valencia harus tertinggal terlebih dahulu di Mestalla, ketika tangan Alvaro Negredo mengenai sepakan Gareth Bale dari tendangan bebas Toni Kroos dan Ronaldo mencetak gol ke-33nya di musim ini dari eksekusi penalti.

Pemain Terbaik Dunia itu semestinya dapat mencetak gol keduanya sekaligus menggandakan keunggulan timnya 12 menit kemudian, ketika umpan silang Bale jatuh menuju jalurnya, namun setelah mengecoh Diego Alves, Ronaldo hanya mampu mengarahkan bola ke jaring samping gawang.

Valencia juga memulai babak kedua dengan baik ketika Andre Gomes melepaskan sepakan voli keras yang melebar, namun mereka akhirnya mampu menyamakan kedudukan ketika Pepe membelokkan sepakan mendatar dari Barragan untuk melewati Iker Casillas.

Bale memiliki peluang bagus untuk merestorasi keunggulan Real ketika ia menyusup ke belakang pertahanan Valencia tujuh menit kemudian, bagaimanapun upaya pemain Wales ini dapat digagalkan oleh Otamendi.

Dan beberapa saat kemudian, bek tengah Argentina itu menjadi bintang di sisi lain lapangan, ketika ia melompat tinggi melampaui Ramos untuk menanduk bola tanpa dapat dihentikan Casillas.

Real menekan selama 15 menit terakhir, namun mereka tidak mampu menyamakan kedudukan ketika sundulan Ramos melebar sebelum Alves menggagalkan peluang Isco, dan Otamendi menjauhkan gawang timnya dari bahaya sebelum para pemain Real dapat menyambar bola pantul.

Pelatih Barca melakukan perjudian dengan menyimpan Messi dan Neymar, di antara para pemain yang bernilai hampir 300 juta euro di bangku pemain cadangan, dan ia hanya memerlukan waktu kurang dari dua menit untuk melihat keputusannya itu merugikan timnya di San Sebastian ketika Alba berupaya menyapu umpan silang Sergio Canales namun ia justru memasukkan bola ke gawangnya sendiri.

Tanpa dua bintang Amerika Selatan lainnya, Luis Suarez berjuang sendirian di lini depan. Bagaimanapun, ia bahkan kurang efektif ketika dua peluang terbaik tim tamu sebelum turun minum datang dari Pedro Rodriguez yang melepaskan sepakan melambung, sebelum Geronimo Rulli mampu menahan sepakan mendatarnya.

Canales bahkan berpeluang memperbesar keunggulan tim Basque itu menjelang turun minum, ketika ia meninggalkan Martin Montoya namun upayanya dapat digagalkan mantan kiper Sociedad sehingga peluang itu hanya menghasilkan tendangan sudut.

Messi dimasukkan setelah turun minum dan tidak lama kemudian Neymar pun dimainkan, ketika permainan Barca membaik dengan drastis pada babak kedua, walau demikian mereka direpotkan oleh pertahanan rapat dan bahkan kemampuan menjaga gawang yang lebih baik dari Rulli saat ia melakukan dua penyelamatan gemilang untuk menggagalkan upaya Suarez pada lima menit terakhir untuk mencegah Barca membawa pulang satu angka pun. (Ant)

KOMENTAR DISQUS :

TABEL LIGA

Top