Senin, 22 Juli 2019 |
FokusJambi - Daerah

SELANGKAH LAGI TAPAL BATAS RAMPUNG

Kamis, 02 Februari 2017 | 18:36:28 WIB wib Dibaca: 178 Pengunjung
Bupati Merangin H Al Haris S Sos



FOKUSJAMBI.COM, MERANGIN - Persoalan batas Kabupaten Merangin dengan beberapa Kabupaten tetangga, yakni Muara Bungo, Tebo, Kerinci, semua sudah rampung dipetakan. Hanya saja, Kabupaten Sarolangun yang belum. Karena, Kabupaten tersebut, masih pesta demokrasi pemilihan kepala daerah. Jika tidak karena hal itu mungkin sudah rampung pemetaannya seperti Kabupaten lainnya.

“Jadi untuk batas Merangin dengan Bungo, Tebo, dan Kerinci itu sudah ada Permendagrinya, seperti Permendagri nomor 80 tahun 2016 itu batas dengan Kerinci,” kata M. Ladani.

Permendagri Nomor 81 tahun 2016 batas Merangin dengan Kabupaten Tebo, permendagri Nomor 82 tahun 2016 batas Merangin dengan Kabupaten Muara Bungo.

Sementara terkait dengan batas dengan Kabupaten Sarolangun, Ladani mengatakan masih ada sekitar 12 Km sampai 15 Km lagi. Namun tidak dapat dilanjutkan karena Kabupaten Sarolangun tengah menggelar Pilkada.

“Namun diakhir Desember 2016 sudah ditetap jadwal sekitar bulan Maret 2017. Yang dimediasi oleh pihak Provinsi,” Terang Ladani.

Terkait dengan rencana pemekaran Kabupaten Merangin dengan Tabir Raya, menurut Ladani,  Bupati Merangin sudah menandatangi Momerandum of understanding (MoU) dengan Badan Informasi Giospasial (BIG) pada tahun 2016 lalu.

 Keseriusan Pemerintah Kabupten Merangin untuk menjadikan delapan Kecamatan Tabir menjadi daerah otonomi baru, yakni Kabupaten tabir raya bukan isapan jempol belaka.

“Di Undang-Undang sudah dijelaskan bahwa untuk pemekaran itu yang sangat perlu diperhatian itu ialah batas dan peta, mengenai itu  Bupati sudah melakukan MoU dengan BIG untuk membuat peta Tabir,” jelasnya.

Pada tahun 2017 ini, kata Ladani, Pemerintah Kabupaten Merangin sudah  menganggarkan dana pemetaan tapal batas Merangin dengan Tabir Raya sebesar Rp1,4 Miliar.“Kalau tidak salah, tahun ini Bupati sudah menganggarkan Rp. 1,4 Miliar untuk dana pemetaan tapal batas Merangin dengan Tabir Raya,”tuntasnya.(Han)

KOMENTAR DISQUS :

TABEL LIGA

Top