Selasa, 17 September 2019 |
FokusJambi - Daerah - Wisata & Kuliner

Selain Wisata, Geopark Merangin Punya Tempat Berkhasiat

Senin, 29 Februari 2016 | 10:10:23 WIB wib Dibaca: 2001 Pengunjung
Kolam Jodoh di Kawasan Wisata Teluk Wang Sakti

*Ada Kolam Jodoh, Goa, Mangga Jatuh ke-Air Masam  dan ke-Darat Manis 

Laporan Wartawan Fokus Jambi

FOKUSJAMBI.COM, MERANGIN - Taman Bumi, atau lebih dikenal (Geopark), yang terletak di Kabupaten Merangin Provinsi Jambi tidak hanya terkenal dengan rafting diarus sungai dan pemandangan keasrian alam saja. Namun, juga terdapat peninggalan peradaban dulu kala yang menggoda hingga saat ini belum bisa terpecahkan.

Seperti sebatang mangga, dipelataran sungai dibagian seberang, di Teluk Wang Sakti.  Konon, menurut penuturan warga setempat, mangga tersebut mempunyai keajaiban yang nyata, jatuh ke dalam air rasa mangga terasa sangat asam.  Tapi apa bila jatuh didarat sungguh sangat menggoda dengan rasa legit dan manisnya, penasaran ? Ayo, Kunjungi Geopark.

Selain itu tepat di tengah ada juga Goa, yang merupakan tempat orang sakti pada perdaban itu, untuk bertapa. Warga menyakini bahwa Goa tersebut mempunyai khasiat. Bagi siapa yang ingin merasa khasiatnya  silakan dicoba. 

Tepat diujung wisata itu, ada air terjun setinggi enam meter, menerjang dan mengikis bebatuan sehingga dibawah air terjun menjadi kolam. Nah, kolam tersebut, dinamakan kolam jodoh. Air kolam tersebut, mempunyai daya pikat yang sangat tinggi. Selain diyakini bisa awet muda, juga tempat para lelaki lajang mencari pasangan hidup, dengan cara mandi dikolam itu.

Berkhasiatnya tempat wisata dikawasan Geopark itu, juga diperkuatkan dengan pengukan orang tua, tokoh setempat bernama Abdul Wahab (80). Menurutnya, hal itu terjadi pada zaman dulu kala tempat tersebut memang tempat para orang sakti untuk berlindung dan bertapa.

" Sebenarnya, disini sangat banyak peninggalan sejarah yang khasiatnya sampai saat ini masih diyakini warga kami. Seperti mangga, goa, dan kolam diair terjun itu," kata Pak Abdul Wahab sambil bercerita.

Sambil menghirup segelas kopi yang ada di depannya, Wahab meneruskan ceritanya. Diyakininya, Teluk Wang sebagai tempat sakral dan berkhasiat, lantaran tempat itu adalah tempat peradaban orang sakti. Bahkan, tidak sedikit bukti peninggalan orang betuah itu sampai saat ini.

" Selain Mangga, Goa, dan Kolam, masih banyak peningglan orang betuah yang bernilai sejarah. Disebelah hilir teluk wang itu terdapat kisaran padi, saat ini kisaran tersebut sudah menjadi batu," cerita Wahab.

Selain dari Abdul Wahab yang mengerti khasiat ditempat wisata itu, rupanya salah satu orang tua bernama Marzuki (75), juga paham seluk beluk di-Teluk Wang. Menurutnya, selain peninggalan sejarah ada teluk wang itu punya alam yang sangat alami.

" Memang disana ada tempat diyakini, punya khasiat dari dulu itu. Apa lagi kelestarian alam dikawasan wisata masih natural  dan terjaga," ujar Marzuki dibincangi Minggu (28/2).

Dia menambahkan, apalagi saat ini Pemerintah Kabupaten Merangin  sudah membangun fasilitas dan sarana pendukung kesana. Seperti halnya jalan, jembatan, juga tempat peristirahatan, semua sudah lengkap.

" Kini enak, sudah dibangun semua fasilitas oleh Pemkab. Kalau dulu mana ado, kami bae keseberang berenang," ujar kakek lima cucu ini.

Jika pengunjung ingin merasakan kenyamanan hayati dan melepas penat dalam berwisata, menurut Marzuki Wisata  Teluk Wanglah solusinya, selain terjangkau tempat itu dekat dari kota Bangko. Bagi yang bujangan dan gadis yang belum dapat jodoh, silahkan buktikan khasiat dikolam jodoh, mudahan-mudahan diberkahi.(Han)

KOMENTAR DISQUS :

TABEL LIGA

Top