Sabtu, 24 Agustus 2019 |
FokusJambi - Daerah

SEKDA : DENGAN PEMBAURAN KEBANGSAAN KITA JAGA PERSATUAN DAN KESATUAN

Kamis, 08 Desember 2016 | 10:19:42 WIB wib Dibaca: 765 Pengunjung

FOKUSJAMBI.COM, JAMBI - Sekretaris Daerah (Sekda) Provinsi Jambi H. Ridham Priskap, SH. MH. MM menyatakan, dengan adanya pembauran kebangsaan kita jaga keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia. Pernyataan demikian disampaikannya saat Pembukaan Rapat Koordinasi Forum Pembauran Kebangsaan (FPK) se-Provinsi Jambi tahun 2016, bertempat di Aula Kantor Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Provinsi Jambi, Selasa (06/12/2016).

Adapun Tema dalam kegiatan ini adalah "Melalui Pembauran Kebangsaan Kita Wujudkan Kehidupan Masyarakat yang Harmonis Saling Menghargai Dalam menjaga Persatuan Bangsa Menuju Jambi Tuntas 2021".

Dalam sambutan dan arahannya Sekda menyampaikan, Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 34 Tahun 2006 tentang pedoman penyelenggaraan pembauran kebangsaan di daerah selain Undang-undang Nomor 23 tahun 2014 mengamanatkan bahwa kepala daerah harus membina dan memilihara ketentraman dan ketertiban masyarakat terhadap kemungkinan timbulnya ancaman keutuhan bangsa didaerahnya masing-masing. "Mulai dari kita harus menumbuh kembangkan keharmonisan, saling pengertian, saling menghormati serta saling percaya diantara anggota masyarakat dari berbagai ras, suku dan etnis," ucap Sekda.

"Kerukunan hidup antar warga sangat diperlukan demi menjaga kesatuan dan persatuan bangsa. Salah satunya aspek pembinaan persatuan dan kesatuan bangsa serta kerukunan antar warga merupakan modal dasar dalam pembangunan," sambung Sekda.

Sekda juga menyatakan, pembauran merupakan bagian dari proses pembudayaan bangsa yang harus dipacu kearah yang lebih positif dan harus dijiwai. "Bersikap mawas diri, tenggang rasa, kerukunan serta kesetiakawanan dalam upaya memajukan kesejahteraan kehidupan masyarakat, bangsa dan negara," kata Sekda.

Dikatakan Sekda, Tentang ketertiban umum sangat diharapkan keyamanan bagi masyarakat untuk beraktivitas dalam keseharian. Selain itu Sekda juga mengatakan bahwa rapat koordinasi ini sebagai pemahaman dan mengantisipasi terjadinya potensi konflik vertikal maupun horizontal. "NKRI merupakan harga mati, jangan ada yang ingin menghancurkan  atau sengaja di adu domba oleh pihak lain yang tidak bertanggung jawab," papar Sekda.

Sekda jugta menjelaskan, Bangsa Indonesia merupakan multi kultural, banyak suku, ras dan agama. "Ini perlu pemahaman bersama agar ditengah masyarakat dapat menyamakan langkah, persepsi dan pola pikir, pola sikap, pola tindakan kita setiap permasalahan yang timbul ditengah masyarakat dan utama adalah saling toleransi antar umat beragama. Dalam menghadapi Pilkada di tiga Kabupaten Sarolangun, Tebo dan Muaro jambi, kondisi yang sejuk nyaman kondusif sangat perlu diciptakan,” jelas Sekda.

Sebelumnya Kepala Badan Kesbang dan Politik Provinsi Jambi H. Ali Dasril menyampaikan, tujuan dilaksanakannya rapat koordinasi ini adalah untuk meningkatkan peran dan fungsi FPK se-Provinsi Jambi dalam rangka menciptakan cinta tanah air, budaya dan meningkatkan rasa nasionalisme serta mendorong semangat persatuan dan kesatuan bangsa. “Selain sebagai ajang silaturrahmi antar pengurus FPK juga sebagai penghimpun masukan dan informasi dari FPK kabupaten/kota se-Provinsi Jambi untuk evaluasi dan mencari solusi terbaik dalam pemecahan masalah di daerah,” katanya.

Turut serta pada kesempatan ini, Kaban Kesbangpol Kabupaten/kota se-Provinsi Jambi, Ketua FPK se-Provinsi Jambi, para pengurus dan anggota FPK se-Provinsi Jambi serta para undangan lainya. (Hms)

KOMENTAR DISQUS :

TABEL LIGA

Top