Senin, 20 Mei 2019 |
FokusJambi - Advetorial - Pemerintahan

Sekda Buka Sosialisasi Penyusunan APBD 2016

Kamis, 09 Juli 2015 | 10:45:45 WIB wib Dibaca: 618 Pengunjung

Laporan Fokusjambi.com

FOKUSJAMBI.COM, JAMBI - Sekda Provinsi Jambi H.Ridham Priskap, membuka dengan resmi sosialisasi pedoman penyusunan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah Tahun Anggaran 2016 di Ruang Pola Setda Provinsi Jambi,  Selasa (7/7). Hadir pada kesempatan ini para anggota Badan Anggaran DPRD Provinsi dan Kabupaten/Kota Se-Provinsi Jambi, anggota tim anggaran pemda Provinsi dan Kabupaten/Kota, pimpinan SKPD lingkup Provinsi Jambi. Acara sosialisasi ini menghadirkan narasumber Kasubdit Anggaran Daerah Wilayah 1 Ditjen BKD Pusat, Ahyar Hanafi, SE, M. Si.

Saat menyampaikan sambutan Gubernur, dinyatakan bahwa kegiatan sosialisasi ini memiliki makna strategis dalam kerangka penyusunan perencanaan untuk tahun 2016 nanti. Untuk itu, dalam rangka upaya pelaksanaan pembangunan yang tepat sasaran demi peningkatan kesejahteraan rakyat, peran aparatur dalam pengelolaan keuangan yang akuntabel, transparan, efektif dan efisien sangat dituntut.

"Jika kita lihat kemampuan aparatur pengelola keuangan daerah pada setiap SKPD secara teknis memang telah memiliki kemampuan dalam pengelolaannya. Namun masih ada aparatur yang masih lemah dalam pemahaman terhadap ketentuan regulasi yang berlaku dalam rangka pengelolaan keuangan daerah. Untuk itu saya berharap sosialisasi ini bermanfaat untuk meningkatkan kompetensi dan pengetahuan para aparatur pengelola keuangan di setiap SKPD baik secara teknis maupun non teknis," jelasnya.

Selanjutnya dinyatakan bahwa Pemprov Jambi berkomitmen untuk meningkatkan kualitas, transparansi dan akuntabilitas pengelolaan keuangan daerah dalam rangka menyajikan laporan keuangan daerah dengan baik dan benar. Hasilnya nanti ketika diaudit oleh BPK akan memperoleh opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP). Hal ini diyakini juga sebagai komitmen dari seluruh pemerintah Kabupaten/Kota di Provinsi Jambi.

Selanjutnya, usai membacakan sambutan Gubernur, Sekda Provinsi Jambi H.RIdham Priskap meminta agar para peserta sosialisasi penyusunan APBD ini menerima, mempelajari dan memahami sistem penyusunan APBD agar mensinkronkan kebijakan pemerintah pusat dan pemerintah daerah, khususnya dalam hal materi penganggaran.

"Fakta menunjukkann bahwa setiap audit pasti ada temuan. Itu berarti kita belum maksimal dalam penganggaran. Untuk itu kesempatan ini dapat dimanfaatkan sebaik mungkin. Penyusunan laporan keuangan akrual basis harus dipahami, karena audit akan dilaksanakan untuk sistem ini. Karena kalau laporan keuangan masih case basis tidak lagi sesuai dengan standar keuangan," jelasnya. (Adv)

KOMENTAR DISQUS :

TABEL LIGA

Top