Jumat, 22 Maret 2019 |
FokusJambi - Kesehatan & Gaya Hidup

RSUD Jambi Tak Punya Dokter Spesialis Vaskuler

Kamis, 15 Januari 2015 | 11:40:50 WIB wib Dibaca: 665 Pengunjung
(dok: google)

Laporan Fokusjambi.com

FOKUSJAMBI.COM, JAMBI - Rumah Sakit Umum Raden Mattaher Provinsi Jambi belum mempunyai dokter spesialis bedah vaskuler, akibatnya salah satu pasien penderita infeksi "arteriovenous fistula" (penyumbatan pembuluh darah), Erdi Johan (40) hanya bisa menunggu dan berbaring di ruang bedah.

Ketika dikonfirmasi, Kamis, Erdi yang diketahui berobat di RSU Raden Mattaher menggunakan jasa layanan Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan mengaku sudah hampir sebulan berada di rumah sakit tersebut, karena ketiadaan tenaga medis spesialis yang bisa menangani penyakitnya, dirinya pun harus rela berbaring di sana.

"Sudah hampir sebulan pak, dari keterangan pihak rumah sakit tenaga medis spesialis yang bisa menangani penyakit saya ini tidak ada, pihak rumah sakit sudah menyarankan kami untuk rujuk ke RSCM Jakarta atau di RS Padang," kata Erdi, warga RT 30 Kelurahan Legok, Kecamatan Telainaipura, Kota Jambi.

Namun karena keterbatasan dana, saran rujukan yang dianjurkan oleh pihak rumah sakit tersebut belum bisa dipenuhi keluarga Erdi, sebab rujukan itu membutuhkan dana besar, seperti biaya ambulan dan biaya pendampingan, sementara untuk makan sehari-hari saja susah.

Sementara itu, pihak RSU Raden Mattaher melalui dokter penanggung jawab ruangan bedah, dr Gema membenarkan bahwa RSU Raden Mattaher memang belum memiliki dokter spesialis yang mampu menangani bedah pembuluh darah tersebut.

"Kita belum punya SDM yang bisa menangani bedah vaskuler, itu menyangkut pembuluh darah, adanya di RSCM Cipto Mangunkusumo dan RSUP Dr M Djamil Padang di Sumatera Barat, dan sudah kita sarankan untuk ke Padang saja dengan pertimbangan ekonomis," kata Gema.

Ia juga mengungkapkan persoalan ini telah didengar dan ditanggapi oleh Pemerintah Provinsi Jambi melalui Dinas Sosial Tenaga Kerja dan Transmigrasi, dan dinas tersebut telah menjamin akomodasi biaya pengobatan Erdi ke RSUP Dr M Djamil Padang.

"Kemarin sudah datang pihak Dinas Sosial ke sini untuk mendata pasien dan mereka telah menjamin biaya akomodasi pasien untuk berobat ke padang, tinggal beberapa berkas lagi yang belum dipenuhi setelah itu pasien sudah bisa dirujuk ke sana, kalau administrasi dari pihak kita sudah dilengkapi semua," katanya. (Ant)

KOMENTAR DISQUS :

TABEL LIGA

Top