Selasa, 21 Mei 2019 |
FokusJambi - Internasional - Pendidikan

Rektor Wisuda Lulusan Sarjana UT Di YUNANI

Selasa, 17 Mei 2016 | 12:21:00 WIB wib Dibaca: 531 Pengunjung
Foto bersama dengan lulusan perdana UT di Yunani (dok. KBRI Athena)

 

FOKUSJAMBI.COM, LONDON - Rektor Universitas Terbuka (UT) Prof Ir Tian Belawati didampingi Purek IV dan Kepala UUPBJ LN UT yang menghadiri konferensi di Athena, menyaksikan pelaksanaan ujian akhir semester UT dan mewisuda lulusan pertama program Sarjana UT di Yunani di gedung KBRI Athena.

Rektor UT kepada Dubes RI di Athena Benny Bahanadewa menyampaikan apresiasi atas kerja sama dan dukungan Kemlu melalui KBRI Athena dalam menyelenggarakan program UT sejak Mei 2011.

Saat ini di Yunani terdapat 17 mahasiswa UT terbanyak di kawasan Eropa, demikian Sekretaris Pertama Pensosbud KBRI Athena, John Admiral kepada Antara London, Selasa.

Dubes menyampaikan KBRI Athena mendukung program UT di Yunani, karena UT merupakan program yang tepat bagi WNI yang menetap dan bekerja di luar untuk meningkatkan kapasitas pribadi dan merupakan bagian dari program KBRI dalam pembinaan dan perlindungan WNI di Yunani.

Dalam pertemuan dengan mahasiswa UT di Yunani yang tergabung dalam organisasi Mahasiswa UT Indonesia (MUTIA) disela-sela pelaksanaan ujian akhir semester, Rektor UT mengungkapkan bangga atas semangat mahasiswa ditengah kesibukan dan kelelahan bekerja masih tetap semangat belajar dan mengharapkan mahasiswa dapat menyelesaikan studi dengan baik.

Untuk menambah semangat mahasiswa, Rektor UT mewisuda Yudi Irawan sebagai lulusan pertama program strata 1 studi Ilmu Komunikasi UT di Yunani.

Yudi menyampaikan bahwa kuliah sambil bekerja sangat berat tantangannya. Para mahasiswa UT di Yunani bekerja sebagai penata laksana rumah tangga yang hampir seluruh waktunya digunakan untuk bekerja.

Waktu istirahat yang sedikit tersisa dimanfaatkan untuk mempelajari modul pelajaran. Cobaan terberat dalam studi bukanlah tingkat kesulitan materi pelajaran atau ujian, tetapi munculnya keinginan untuk berhenti belajar.

Namun, keinginan tersebut dikalahkan dengan semangat mendapatkan masa depan yang lebih baik, tuturnya.

Saat ini terdapat tiga program studi yang diikuti mahasiswa UT di Yunani yaitu ilmu komunikasi (FISIP), Ilmu Manajemen (FE) dan Ilmu Penerjemahan (F sastra).

Kemlu dan UT memiliki nota kesepahaman tentang peningkatan akses penyelenggaraan layanan pendidikan jarak jauh UT untuk WNI di luar negeri, ujar John Admiral.

Selama di Athena, delegasi Rektor UT mewakili Indonesia pada konferensi "the 18th Annual International Conference of Education" yang diadakan the Athens Institute for Education and Research (ATHINER), dari tanggal 16 tanggal 20 Mei dan akan pemaparan tentang program belajar daring UT.

ATHINER, salah satu asosiasi akademisi dan peneliti dunia yang didirikan 1995 dengan anggota 2126 orang dari 215 negara. (Ant)

KOMENTAR DISQUS :

TABEL LIGA

Top