Minggu, 16 Juni 2019 |
Wisata & Kuliner - Kesehatan & Gaya Hidup

Ragam Olahan Kopi Nikmat di Berbagai Negara

Selasa, 01 September 2015 | 14:35:43 WIB wib Dibaca: 1023 Pengunjung

FOKUSJAMBI.COM - Kopi bisa dibilang minuman universal. Cita rasanya yang pahit seakan jadi daya tarik tersediri untuk mengkreasikannya jadi sebuah minuman istimewa.

Jika di Indonesia adalah olahan kopi khas Medan atau khas Aceh, maka begitu pun di negara lain. Menggunakan berbagai macam campuran khas, kopi pun dihidangkan dengan cara yang unik dan punya sebutannya sendiri. seperti sajian kopi di lima negara ini.

1. Jerman: Pharisaer
Warga Jerman sangat tahu membuat kopi jadi penghangat tubuh yang maksimal. Kopi pun dicampur dengan dua ons rum di dalamnya. Campuran kopi, rum dan gula secukupnya, dan makin istimewa dengan taburan whipped cream di atasnya. Jadilah sajian Pharisaer yang menggoda.

2. Vietnam: Kopi telur
Sajian kopi telur di Vietnam, lebih sering dijadikan makanan penutup. Sajian ini merupakan campuran dari dua kuning telur dengan setengah sendok teh susu kental, madu dan ekstrak vanili. Seluruh bahan dikocok sampai mengembang. Setelah itu dituang ke dalam secangkir kopi hitam yang panas. Campuran telur akan mengapung ke atas dan siap dinikmati dengan sendok dengan diseruput.

3. Spanyol: Cafe Bombon
Sajian kopi Spanyol yang disebut Cafe Bombon sangat populer bagi mereka yang suka manis. Minuman kopi dicampur dengan presentase yang sama dengan susu kental manis.

4. Turki: Kopi Turki
Setiap keluarga di Turki memiliki resep tersendiri untuk membuat kopi. Salah satu caranya adalah kopi yang sudah halus diseduh dalam panci tembaga yang disebut cezve. Perebusan pun dilakukan beberapa kali sampai aromanya keluar sempurna. Memang cukup rumit, tapi rasa dan aroma kopi jadi lebih maksimal.

5. Austria: Kaisermelange
Kaisermelange memiliki arti campuran Kaisar. Cara ini sangat populer di Austria untuk menikmati kopi. Caranya, kopi hitam disajikan dengan kuning telur, gula dan cognac. Beberapa orang juga mencampurnya dengan kuning telur, gula dan mungkin sedikit susu.(Bst)

LAINNYA

KOMENTAR DISQUS :

TABEL LIGA

Top