Minggu, 16 Juni 2019 |
FokusJambi - Peristiwa & Umum

Polres Laksanakan Operasi Pengamanan Idul Fitri 2016

Selasa, 14 Juni 2016 | 10:55:15 WIB wib Dibaca: 205 Pengunjung
Polres Ogan Komering Ulu Sumatera Selatan melaksanakan operasi pengamanan Idul Fitri 1437 Hijriyah/2016 dengan sandi "Operasi Ramadniya"

 

FOKUSJAMBI.COM, Baturaja - Polres Ogan Komering Ulu Sumatera Selatan melaksanakan operasi pengamanan Idul Fitri 1437 Hijriyah/2016 dengan sandi "Operasi Ramadniya", yang sebelumnya merupakan Operasi Ketupat Musi.

Kapolres Ogan Komering Ulu (OKU), AKBP Leo Andi Gunawan di dampingi Kabid Operasional Polres setempat, Kompol Sutrisno dan Baur Subbag Humas, Aiptu I Wayan Sudhana, di Baturaja, Selasa menjelaskan bahwa perubahan sandi itu sesuai dengan Surat Telegram Kapolri Nomor 381/VI/2016 tertanggal 1 Juni tentang perubahan nama sandi Operasi dan Rencana Operasi Pengamanan Idul Fitri 1437 Hijriyah.

Kendati demikian, kata dia, belum mendapatkan penjelasan lebih lanjut mengenai perubahan nama sandi operasi pengamanan hari besar keagamaan tersebut.

"Ini hanya penyegaran saja, mungkin supaya lebih akrab dengan hari besar keagamaan umat Islam," ujarnya.

Menurut dia, kendati nama sandi operasinya mengalami perubahan dari Operasi Ketupat Musi menjadi Operasi Ramadniya, tetapi tugas dan tanggungjawab anggota Polri khususnya Polres OKU, dalam pengamanan tersebut tetap seperti tahun-tahun sebelumnya.

Dengan operasi yang diselenggarakan selama 16 hari, fokus utama untuk menciptakan keamanan, keselamatan, ketertiban dan kelancaran lalu lintas (Kamseltibcarlantas).

"Apalagi kita merupakan daerah perlintasan jalur tengah, dan nomor dua setelah Jalur Timur. Kesiagaan tetap maksimal dengan pengamanan ekstra. Kita harus dapat meminimalisir aksi kejahatan tiga-C yakni pencurian dengan kekerasan, pencurian dengan pemberatan dan pencurian kendaraan bermotor, karena hasil evaluasi, OKU cukup tinggi tindak kriminalitas atau penyakit masyarakat," katanya.

Ia mengatakan, dalam kegiatan operasi pihaknya juga bekerja sama dengan dukungan TNI, Dinas Perhubungan, Dinas Kesehatan, Dinas PU, Satuan Polisi Pamong Praja dan Jasa Raharja.

Pengerahan personel secara maksimal dilakukan pada titik-titik rawan macet, rawan longsor, dan rawan kecelakaan.

Selain pos pengamanan, dan pos pantau, pihak kepolisian juga akan menyiapkan pos pelayanan yang didukung tim medis dari Dinas Kesehatan.

"Dengan berbagai langkah dan persiapan melalui Operasi Ramadniya 2016 tersebut, kita berharap terwujud Kamseltibcarlantas yang kondusif di OKU, sehingga masyarakat merasa aman dan nyaman dalam merayakan Idul Fitri, terutama mereka melakukan perjalanan mudik dan balik lebaran," katanya. (Ant)
 

KOMENTAR DISQUS :

TABEL LIGA

Top