Kamis, 24 Oktober 2019 |
FokusJambi - Hukum & Kriminal - Daerah

Polisi Amankan Bus Lintas Sumatera yang Bawa 186 Kg Ganja

Rabu, 04 November 2015 | 15:39:48 WIB wib Dibaca: 828 Pengunjung
Copyright Google

 

FOKUSJAMBI.COM, JAMBI - Pengiriman ganja dari Sumatera Utara ke Jawa melalui bus antar lintas Sumatera masih terus terjadi. Polisi membongkar kembali pengiriman sekitar 186 kilogram (kg) ganja melalui bus PT Antar Lintas Sumatera (ALS) di Kabupaten Bungo, Jambi.

Daun ganja kering tersebut langsung diamankan Satuan Narkotika dan Obat-obat Berbahaya (Satnarkoba) Polres Bungo, Jambi. Sedangkan dua sopir dan seorang kondektur bus PT ALS, hingga Rabu (4/11) masih ditahan dan diperiksa Polres Bungo.

Kepala Kepolisian Resor (Kapolres) Bungo, Ajun Komisaris Besar Polisi (AKBP) Asep Amar Permana, pengiriman ganja melalui bus PT ALS tersebut terbongkar dari aduan sopir kepada polisi. Menurut pengakuan sopir bus, ia menerima titipan kiriman barang tujuh kardus dari seseorang di Kota Tebing Tinggi, Sumatera Utara, Senin (2/11). Barang tersebut hendak dikirim ke Jakarta dan akan diambil penerima di Jakarta.

“Sopir dan kondektur merasa curiga pada barang kiriman yang mereka bawa. Ketika bus beristirahat di rumah makan, kilometer (km) 13, Jalan Linas Sumatera, Desa Saranaja, Kecamatan Bathin III, Bungo, Selasa (3/11) siang sekitar pukul 12.30 WIB, sopir dan kondektur langsung melaporkan barang yang mereka bawa tersebut kepada polisi setempat. Setelah diperiksa polisi, ternyata lima kardus yang dibawa bus tersebut adalah ganja,” katanya, Jambi, Rabu (4/11).

Menurutnya, lima kardus ganja yang ditemukan di bus PT ALS tersebut berisi 35 bungkusan ganja. Setelah ditimbang di Polres Bungo, keseluruhan ganja tersebut memiliki berat 186,25 kg.

Barang bukti ganja tersebut langsung diamankan, sedangkan tiga orang awak bus pun diperiksa. Bus PT ALS nomor polisi BK 7301 DF, yang yang membawa ganja tersebut juga diamankan. Penumpang bus dipindahkan ke bus PT ALS lain yang hendak ke Jakarta.

Menurut Asep, pihaknya masih mengembangkan kasus pengamanan ganja melalui bus PT ALS tersebut. Identitas pengirim dan penerima ganja tersebut masih diselidiki. Sedangkan tiga orang awak bus PT ALS yang membawa ganja tersebut akan segera dilepas, setelah dimintai keterangan.

“Mereka jauh kemungkinan dijadikan tersangka, karena mereka justru membantu kepolisian menggagalkan pengiriman ganja tersebut,” katanya.(Bst)

 

KOMENTAR DISQUS :

TABEL LIGA

Top