Selasa, 17 September 2019 |
FokusJambi - Hukum & Kriminal

Polda Jambi Tangkap Penyelundup Ratusan Dus Miras Ilegal

Senin, 06 April 2015 | 14:21:00 WIB wib Dibaca: 819 Pengunjung
Ilustrasi (Dok: Google)

Laporan Fokusjambi.com

FOKUSJAMBI.COM, JAMBI - Diresktorat Reserse Kriminal Umum (Diskrimum) Polda Jambi kembali mengamankan ribuan botol miras ilegal tanpa beacukai.

Ribuan botol miras dengan berbagai merk itu diamankan oleh Polisi bersama Beacukai dan TNI AL diperaiaran Sungai Batanghari, tepatnya disekitaran kantor TNI AL Talang Duku.

Kasus terungkap setelah petugas mencurigai dengan sebuah spedboat dengan kecepatan tinggi melintasi sungai Batanghari, Ketika dilakukan pengejaran, akhirnya spedbod dengan tiga mesin itu berhenti dan menyerahkan diri.

Hasil pengecekan di spedboat itu, petugas berhasil mengamankan pemilik miras dengan inisial AS alias AK (39). Dari pengakuannya, ribuan botol minuman itu adalah miliknya.

"Barang bukti cukup banyak. Semuanya ada 318 dus, dalam satu dus ada yang berisikan enam botol ada yang 12 botol," kata Kapolda Jambi melalui Direskrimum Polda Jambi Kombespol Irawan David Syah, kepada awak media Senin (06/04).

Dikatakan Irawan, barang ilegal ini berasal dari Malaysia dan masuk ke Jambi melalui tanjung pinang. Hasil pemeriksaan, pelaku yang mengaku sebagai pemilik miras itu sudah melakukan aksi yang sama sebanyak dua kali.

"Ini yang keduakalinya," ujar Irawan lagi.

Jika diuangkan, dari ribuan botol miras itu lebih dari Rp1 milyar. Sebab minuman itu merupakan minuman luar negeri merk Cipas, Wine, dan merk terkenal lainnya.

Ditanya soal keberadaan tersangka, Irawan mengatakan, sesuai dengan undang-undang, tersangka tidak ditahan, karena hukumannya dibawah lima tahun. Yaitu melanggar pasal 91 ayat 1 jo pasal 142 undang-undang nomor 18 tahun 2014 tentang pangan. Dan tersangka hanya wajib lapor sebelum dilimpahkan ke Jaksa.

"Untuk kasus ini, kita akan terus melakukan pengembangan. Mereka menduga, ini merupakan jaringan," tutupnya. (Uti)

KOMENTAR DISQUS :

TABEL LIGA

Top