Jumat, 18 Oktober 2019 |
FokusJambi - Ekonomi & Bisnis

PNM JAMBI LATIH NASABAH KEMBANGKAN USAHA

Kamis, 08 Desember 2016 | 10:44:12 WIB wib Dibaca: 1379 Pengunjung
ilustrasi

FOKUSJAMBI.COM, JAMBI - PT Permodalan Nasional Madani (Persero) Cabang Jambi melatih dan memotivasi pelaku Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) di daerah itu yang menjadi nasabah binaan, dalam mengembangkan usaha agar mampu bersaing.

Kepala Pimpinan Cabang PT PNM Jambi Setya Joko Santosa di Jambi, Rabu, mengatakan pelatihan dan motivasi yang diberikan merupakan komitmen PNM untuk memberdayakan UMKM.

"Selain memberikan jasa pembiayaan, PNM juga memberikan jasa pendampingan usaha secara berkelanjutan agar ke depannya pelaku UMKM mampu bersaing di kancah global," katanya usai membuka pelatihan/motivasi pengembangan usaha bagi mitra binaan.

Pelatihan dan motivasi dengan tema "mendiagnosa bisni kita untuk meningkatkan omset usaha dan bijak mengelola keuangan" itu diikuti puluhan nasabah di enam Unit Layanan Modal Mikro (ULaMM) di wilayah PNM Jambi.

"Ini merupakan apresiasi PNM kepada nasabah binaan, karena PNM bukan hanya peduli pada kebutuhan finansial saja, tapi juga kebutuhan pendampingan untuk pengembangan usaha mereka di pasar sehingga mampu bersaing," katanya menjelaskan.

Selain itu, kegiatan pelatihan dan pembinaan usaha ini merupakan wadah promosi dan informasi produk serta kerjasama antar nasabah ULaMM sehingga berdampak positif terhadap bisnis maupun perseroan.

"Pada program pengembangan kapasitas usaha inilah nasabah akan dibimbing dan diberi pelatihan serta motivasi dan diskusi strategi untuk mengembangkan usaha mikronya agar berkembang baik dari sisi produksi, distribusi dan pemasaran," ujarnya.

Joko menambahkan, PNM Cabang Jambi hingga kini memiliki enam kantor UlaMM. Yakni UlaMM Pasar Talang Banjar, Sipin, Muarabulian, Sungai Bahar, Sungai Gelam dan Sengeti. Enam ULaMM ini akan berupaya gigih melayani kebutuhan permodalan pengembangan usaha UMK di daerah masing-masing.

Executive Vice President PT PNM Arief Mulayadi, mengatakan bahwa konsep pendampingan dan pelatihan sangat diperlukan bagi pelaku UMK, sebab dapat menjembatani para pelaku usaha untuk bertukar pikiran serta meluaskan jaringan antarpengusaha.

"Kami punya kepentingan untuk melakukan pembinaan dan pengembangan kapasitas usaha di wilayah Jambi agar lebih efisien dan efektif, mengingat daerah ini memiliki catatan yang amat positif dalam pertumbuhan UMK," kata Arief.

Sementara itu, Sekretaris Perusahaan PT PNM Gung Panggodo, dikesempatan itu juga mengungkapkan bahwa pencapaian yang telah diraih PNM Cabang Jambi terus menunjukan kinerja positif. (Ant)

KOMENTAR DISQUS :

TABEL LIGA

Top