Minggu, 18 Agustus 2019 |
FokusJambi - Nasional

Penumpang Darat Angkutan Lebaran Turun

Selasa, 14 Juni 2016 | 13:19:27 WIB wib Dibaca: 162 Pengunjung
ilustrasi

 

FOKUSJAMBI.COM, Pekanbaru - Dinas Perhubungan Provinsi Riau memprediksi penumpang transpotasi darat pada Lebaran tahun ini akan turun, karena banyaknya pemudik menggunakan kendaraan pribadi seperti mobil dan sepeda motor menuju kampung halaman.

"Jika kita melihat banyaknya kendaraan terutama pribadi dan ditambah lagi dengan persaingan antar moda transpotasi, maka penumpang bus menjadi korban alias akan turun," papar Kepala Dishub Provinsi Riau, Rahmat Rahim di Pekanbaru, Selasa.

Menurut dia, turunnya penumpang mengunakan moda angkutan darat terutama di musim mudik Lebaran telah lama dikeluhkan para pelaku usaha transpotasi tersebut terutama yang tergabung dalam Organisasi Angkutan Darat (Organda) setempat.

Pihaknya mengaku tidak bisa berbuat banyak atas penurunan tersebut karena merupakan hak pengguna jasa dalam memilih angkutan darat, angkutan udara dan angkutan laut di provinsi itu.

Data angkutan Lebaran tahun lalu menyebutkan, jumlah penumpang menggunakan transportasi darat di Riau turun sekitar 24,94 persen atau dari sebanyak 33.199 orang menjadi 24.920 orang penumpang.

"Kita selalu belajar dari pengalaman seperti jalur mudik Pekanbaru menuju berbagai daerah di Provinsi Sumatera Barat, didominasi kendaraan pribadi. Lalu dari Pekanbaru ke Medan, kini dilayani tiga maskapai dengan empat frekuensi terbang," ucap Rahmad.

Ketua Organda Riau, Muhammad Nasir sebelumnya mengaku, telah mempersiapkan total 2.281 unit armada transportasi angkutan darat untuk membawa para penumpang mudik dalam merayakan hari raya Idul Fitri tahun ini.

Ribuan angkutan itu, ujarnya, terdiri dari 20 perusahaan angkutan umum Antar Kota Antar Provinsi (AKAP) domisili di Riau dengan jumlah armada 337 unit dengan total kursi mencapai 6.066 kursi, ditambah 70 perusahaan angkutan umum Antar Kota Dalam Provinsi (AKDP) dengan jumlah armada 1.643 unit dan menyediakan 19.716 tempat duduk.

Lalu 31 perusahaan angkutan Antar Jemput Dalam Provinsi (AJDP) dengan jumlah 182 unit armada yang menyediakan 1.274 kursi dan Antar Jemput Antar Provinsi (AJAP) terdapat 16 perusahaan dengan 119 unit aimada yang menyediakan 833 tempat duduk.

"Untuk AJDP dan AJAP kendaraan yang digunakan adalah jenis minibus. Saat ini kamu sedang membenahi atau mengecek kendaraan-kendaraan angkutan penumpang dari sebelum dan hingga Lebaran tahun ini," katanya, Senin (23/5/2016).

Nasir menambahkan, jumlah angkutan tersebut belum termasuk 75 perusahaan angkutan umum AKAP dengan memiliki jumlah armada 1.686 unit dan total 59.010 tempat duduk yang sebagian besar tetap beroperasi setiap hari melewati Sumatera dan Jawa.

Terakhir, terdapat 8 perusahaan angkutan pariwisata dengan jumlah kendaraan disiagakan untuk angkutan mudik Learan sekitar 20 unit armada dan menyediakan 600 kursi penumpang.

"Jadi kita sekarang sedang persiapkan betul-betul armada angkutan dengan jangan sampai kecewakan penumpang atas layanan yang kita berikan, walau kita kalah bersaing dengan angkutan udara," terangnya. (Ant)
 

KOMENTAR DISQUS :

TABEL LIGA

Top