Senin, 19 Agustus 2019 |
FokusJambi - Ekonomi & Bisnis

Penukaran Uang Rupiah, BI Siapkan Rp2,6 Triliun

Senin, 22 Juni 2015 | 14:59:14 WIB wib Dibaca: 607 Pengunjung

Laporan Fokusjambi.com

FOKUSJAMBI.COM, JAMBI - Untuk mengantisipasi kebutuhan pecahan uang kecil masyarakat Jambi yang mendekati hari raya Idul Fitri 1436 H, Kantor perwakilan Bank Indonesia Provinsi Jambi telah mempersiapkan uang sebesar Rp2,6 triliun.

"Untuk penukaran uang kecil jangan takut dan jangan ragu, BI telah menyiapkan uang sebanyak Rp2,6 T," kata Carlusa selaku kepala Perwakilan BI provinsi Jambi di hadapan awak media Senin (22/06).

Lanjutnya, BI juga telah memproyeksi kebutuhan uang (outflow) pada periode ramadhan dan Idul Fitri 1436 H sebesar Rp2 triliun atau meningkat dari Idul Fitri sebelumnya sebesar Rp1,8 triliun. Dan untuk mengantisipasi hal tersebut pihak BI telah menyiapkan uang tunai hingga Rp2,6 triliun.

"Mulai tanggal 15 lalu, kita sudah mendistribusikan ke daerah-daerah seprovinsi Jambi," jelasnya.

Selain di Bank Indonesia tempat penukaran uang rupiah, pihak BI juga telah menyiapkan layanan penukaran mobil kas keliling uang pecahan kecil. Di lima lokasi di dalam kota dan 3 lokasi di luar kota.

"Untuk diluar kota, seperti Kuala Tungkal sudah dari tanggal 15 sampai 17 Juni, Kerinci dari 22 sampai 26 Juni, dan di Tanjabtim atau Kampung Laut pada tanggal 6 sampai 8 Juli," jelasnya.

Untuk Bank umum yang sudah bekerja sama dengan pihak BI dalam hal pelayanan penukaran uang pecahan kecil yakni Bank Mandiri yang berada di Sipin, Bank BNI yang berada di Thehok, Bank BRI berada di daerah Sutomo, Bank Jambi di daerah Telanaipura, Bank BTN yang berada di Selincah, Bank BCA berada di Nusa Indah, dan Bank Bukopin yang berada di terminal Rawasari.

Bank-bank tersebut akan beroperasi pada tanggal 2 Juli hingga 15 Juli 2015, buka setiap hari pada jam kerja mulai pukul 09.00 WIB sampai dengan 12.00 WIB, tanpa dipungut biaya sepeserpun.

"BI juga sudah bekerja sama dengan 7 bank Umum untuk layanan penukaran uang rupiah," ucapnya.

BI juga menghimbau kepada masyarakat agar melakukan penukaran uang rupiah diloket resmi yang telah disediakan atau ditetapkan agar terhindar dari uang palsu, hati - hati dalam membawa uang yang berjumlah besar guna menghindari perampokan, pencurian dan lainya. (Tri)

KOMENTAR DISQUS :

TABEL LIGA

Top