Senin, 19 Agustus 2019 |
FokusJambi - Ekonomi & Bisnis

PEMUDA ASAL KOTA JAMBI INI RAIH OMSET HINGGA PULUHAN JUTA PERBULAN DARI BISNIS IKAN GUPPY

Sabtu, 13 Januari 2018 | 16:15:14 WIB wib Dibaca: 2906 Pengunjung
rikky suryadi saat melihat ikan hasil budidaya yang di kelolanya sejak enam tahun lalu

FOKUSJAMBI.COM, KOTA JAMBI - Ikan guppy atau ikan berbahasa latin (poecilia reticulata) adalah ikan hias yang mudah untuk dikembang biakkan dimana  habitat asli ikan guppy berada di sungai dan danau yang airnya tenang, ikan guppy juga mampu hidup di air payau yang kadar garamnya cukup tinggi. Siapa di sangka tekun karena menggeluti bisnis budidaya ikan guppy ikan yang biasa hidup di air tawar dan banyak kita jumpai di selokan maupun sungai - sungai itu ternyata membawa berkah tersendiri bagi Rikky Suryadi.

Pemuda berusia 25 tahun, Warga kelurahan kebun handil, kecamatan jelutung kota jambi ini sukses dan berhasil meraup untung mulai Rp20 hingga Rp30 juta rupiah dalam sebulan dari hasil penjualan ikan guppy yang di kelolanya itu.

Rikky menyebut, tidak hanya di minati di Indonesia saja, ikan guppy miliknya itu juga banyak di pesan dari luar negeri seperti singapure, jerman, Thailand, itali dan jepang.

Mengenal sifat ikan yang mudah dikembangbiakan dan tidak memerlukan peralatan yang mahal atau kolam yang besar menjadikan daya tarik bagi rickky suryadi untuk mencoba belajar dan mengembang biakan ikan guppy tersebut.

“saya sudah enam tahun menjalani bisns ini lhamdulillah sampai sekarang lancer, ide saya ini awalnya berawal dari internet. Saya liat banyak melihat orang memelihara guppy kemudian saya tertarik untuk memeliharanya,”ujarnya.

Enam tahun proses berjalan akhirnya pemuda 25 tahun asal kota jambi ini sukses dengan bisnis budidaya dan penjualan ikan guppy.“omset saya dimulai dua puluh hingga tiga puluh juta sekarang,”tambahnya.

Ikan guppy populer sebagai ikan hias ini diminati karena keindahan warna dan keindahan bentuk siripnya terutama ikan guppy jantan, sedangkan ikan guppy betina cenderung memiliki warna yang kusan sama halnya dengan ikan cupang.

Riccky sendiri kini sukses dengan budidaya ikan guppynya itu dan di pasarkan secara online, dari 15 jenis ikan yang dimilikinya tersebut setidaknya ada tiga jenis guppy yang paling diminati konsumennya.

“seperti guppy albino full red, guppy albino full white dan guppy albino blue grasss dan black,”sambung rikky.

Harga sendiri yang ia pasarkan juga beragam dan tergantung kualitas dimulai dari Rp 50 ribu rupiah hingga harga tertinggi Rp250 ribu rupiah perpasang.

Sebelum dipasaran dan di jual ke pada konsumen ikan guppy milik rickky di bawa ke phak stasiun karantina ikan pengendalian mutu dan keamanan hasil perikanan (skipm) kelas satu jambi untuk terlebih dahulu dilakukan pemeriksaan terhadap ikan tersebut.

“mulai jenis dan jumlah pengiriman serta pemeriksaan klinis apakah ikan tersebut terindifikasi penyakit ataukah tidak, bila proses semua selesai dan bebas dari penyakit maka baru bisa dilalulntaskan dan di keluarkan sertifikasinya,” Ujar Melliya Bahnan Kasi pelayanan teknis SKIPM Jambi.(Dar)

KOMENTAR DISQUS :

TABEL LIGA

Top