Sabtu, 24 Agustus 2019 |
FokusJambi - Kesehatan & Gaya Hidup

PEMKOT TANGERANG LUNCURKAN ENAM APLIKASI LAYANAN KESEHATAN

Jumat, 11 November 2016 | 14:32:23 WIB wib Dibaca: 193 Pengunjung

 

FOKUSJAMBI.COM, TANGGERANG - Pemerintah Kota Tangerang, Banten, meluncurkan enam aplikasi kesehatan dalam rangka memberikan kemudahan kepada masyarakat dalam mendapat pelayanan.

Keenam aplikasi tersebut yakni SMS Gateway, Salam Sehat, Kami Datang Kami Layani (Home Care), SMS Bunda, Layanan PKM berbasis Web, dan juga aplikasi Monitor Kamar RS.

Wali Kota Tangerang, Arief R Wismansyah di Tangerang, Jumat, mengatakan, aplikasi yang ada untuk mempermudah masyarakat, mulai dari aplikasi pendaftaran via SMS bagi mereka yang ingin mendapatkan pelayanan dari puskesmas, sehingga tidak perlu ngantri lagi di Puskesmas.

Misalnya saja aplikasi SMS Bunda yang bermaksud untuk menurunkan kematian ibu dan anak.

Fasilitas aplikasi ini dapat dimanfaatkan warga yang ingin bertanya mulai perencanaan kehamilan, hamil sampai melahirkan hingga anak lahir satu tahun bisa dimonitor diingatkan untuk melakukan imunisasi atau yang lain.

"Lalu aplikasi monitor kamar rumah sakit yakni untuk mendapatkan pelayanan kamar ICU, NICU bisa lewat aplikasi tersebut karena bekerjasama dengan BPJS," katanya.

Kepala Dinas Kesehatan dr. Liza Puspadewi mengatakan, aplikasi ini untuk mempermudah pelayanan kesehatan di Kota Tangerang.

Untuk SMS Gateway yang merupakan aplikasi layanan pendaftaran berbasis SMS untuk memudahkan masyarakat mendapatkan layanan dan mengurangi antrian.

Sedangkan SMS Bunda informasi dan edukasi 1000 hari pertama kehidupan. Kemudian kalau aplikasi Salam Sehat yaitu sistem informasi yang dapat mengolah keluhan dari masyarakat.

"Selanjutnya, aplikasi Kami datang Kami Layani (Home Care) program kunjungan rumah untuk mendekatkan pelayanan kepada masyarakat," ungkap dia.

Pihaknya juga sediakan pelayanan puskesmas berbasis WEB sehingga pelayanan puskesmas sudah menuju ke arah layanan paperless.

Berikutnya, aplikasi monitor ketersediaan kamar di RS, program ini akan menjembatani apliaksi E-Puskesmas dengan jumlah kamar di RS berdasarkan data yang disediakan oleh BPJS karena dan peserta BPJS di Kota Tangerang sudah mencapai 1,3 Juta peserta.

Dr. Lisa menjelaskan, layanan E-Puskesmas tersebut bisa diakses melalui nomer 08113347774.

"Jadi ketik SMS dengan format DAFTARNIKPOLI TUJUANPUSKESMAS TUJUANTANGGAL( DD-MM-YYYY)," Jelasnya.  (Ant)

KOMENTAR DISQUS :

TABEL LIGA

Top