Senin, 20 Mei 2019 |
Daerah - Advetorial

Pemerintah Pastikan Jembatan Roro Disempurnakan Tahun 2015

Kamis, 26 Maret 2015 | 19:22:28 WIB wib Dibaca: 1019 Pengunjung
ilustrasi Dok : Google

FOKUSJAMBI.COM, KUALATUNGKAL - Sempat terbengkalai, Pemerintah memastikan bakal melanjutkan pembangunan Pelabuhan Roro Parit 7 Kualatungkal melalui APBN 2015.

Kepastian ini diperoleh dari Direktur LLASDP Kementerian Perhubungan (Kemenhub) RI Eddy Gunawan saat menghadiri sosialisasi kelayakan sarana angkutan sungai dan danau untuk operator kapal, pengusaha dan pengguna angkutan air di Kabupaten Tanjung Jabung Barat, di Pelabuhan LLASDP Kualatungkal, Rabu (25/03).

Menurutnya, Pelabuhan Roro bakal menjadi salah satu Pelabuhan termegah di Kabupaten Tanjung Jabung Barat yang juga diharapkan mampu untuk meningkatkan perekonomian masyarakat sekitar. 

Pembangunan Pelabuhan ini menjadi Proyek Nasional dalam rangka membangun program Jembatan ASEAN, yaitu pembangunan jalur transportasi antara Indonesia ke negara–negara tetangga Malaysia, Singapore, Thailand dan Negara tetangga lainnya.

"Yang jelas sekarang sedang direncanakan untuk pembangunan jembatan roro. Kita tunggu saja," katanya.

Untuk itu pihaknya berjanji bakal memperioritaskan kelanjutan pembangunan Jembatan Roro yang terletak di Parit 7 dimuara Sungai Pengbuan Kuala Tungkal Tanjung Jabung Barat berikut sarana dan prasarananya, melalui dana APBN tahun 2015 ini.

Eddy mejelaskan, pembangunan Pelabuhan Roro itu dibangun dengan dana puluhan milliar rupiah, menggunakan dana dari APBN Tahun 2003. Dan kemudian terhenti pada tahun 2012, karena tidak ada lagi kucuran dana APBN dari pusat. Untuk itu akan kita lnjutkan tahun 2015 ini.  

"Kami minta kepada Bupati Tanjab Barat, untuk membuat Mind shet dan konsep pembangunan dermaga tersebut, agar mampu membuat orang merasa nyaman, ketika berada di sana,” tegas Eddy Gunawan.

terpisah, Bupati Tanjung Jabung Barat H Usman Ermulan mengatakan, pemkab sangat merespon rencana pembangunan tersebut. Bukan hanya dapat meningkatkan taraf ekonomi masyarakat, pembangunan jembatan ini nantinya diharapkan dapat menjadi salah satu pariwisata andalan di wilayah Tanjung Jabung Barat.

"Walaupun ini bukan prioritas namun pemkab berharap jembatan roro ini dapat segera di perbaiki dan digunakan agar tidak terkesan mubajir," tandas Usman. (Adv/ded)

KOMENTAR DISQUS :

TABEL LIGA

Top