Sabtu, 24 Agustus 2019 |
Hukum & Kriminal - Daerah

Pembunuh SAD Tinggal Menunggu Hari Untuk di Eksekusi Mati

Sabtu, 07 Maret 2015 | 18:49:37 WIB wib Dibaca: 1135 Pengunjung

Keluarga Harun Cs Harapkan Jenazah di Kembalikan

FOKUSJAMBI.COM, MERANGIN - Pihak keluarga Harun Cs terpidana Eksekusi mati akibat melakukan pembunuhan terhadap satu keluarga Suku Anak Dalam (SAD) pada tahun 2000 silam, sangat kecewa atas keputusan hukum yang telah dijatuhkan.  Kekecewaan itu di ungkapkan pihak keluarga yakni Tamrin saat dikonfirmasi Sabtu(7/3)kemarin.

Di sebutkan Tamrin, Kekecewaan keluarganya tidak hanya berlarut dengan keputusan pidana mati yang telah lama ditetapkan itu saja. Namun juga  menjadi pukulan berat bagi  keluarga.

Karena sampai detik ini pihak keluarganya belum juga mendapat surat pemberitahuan kapan pengeeksekusian itu akan dilakukan.

Sementara nama ketiga keluarganya itu, Harun, Sargawi dan Sopiyal, kini telah terdaftar di anatara 11 orang yang akan dieksekusi pada pengeksekusian untuk gelombang kedua yang hanya tinggal menghitung hari.

“Kita bersama keluarga sangat kecewa dan tidak terima tindakan itu. Lebih terpukulnya lagi, berdasarkan informasi yang kita lihat melalui media televisi, bahwa pada eksekusi pidana mati gelombang kedua yang akan dilakukan dalam waktu dekat ini,” ujar Tamrin kecewa.

Diungkapkan, Tamrin, apabila memang benar ketiga keluarga itu akan segera dieksekusi mati. Selaku keluarga pihak meminta kepada Presiden Jokowi untuk dapat mempertimbangkan kembali dan memberi keringan terkait keputusan itu.

“Jika pengeksekusian itu benar akan dilakukan dalam waktu dekat ini. Kami dari pihak keluarga mohon pak Presiden Jokowi untuk mempertimabngkan kembali. Sebab mereka kan sudah dihukum penjara selama 15 tahun. Kami mohonlah ada keringanan,”Harapnya.

Selanjutnya dituturkan Tamrin, bahwa dia bersama keluarganya akan menghadap Bupati Merangin Al Haris untuk meminta petunjuk serta penjelasan terkait dengan kebenaran pengeksekusian tersebut.

“Kami bersama keluarga berencana akan menghadap bapak bupati untuk meminta kejelasan terkait kebenaran itu. Jika betul mereka di eksekusi kami minta buati kejelasan bupati, jika tidak benar kami juga mau kejelasan,”sampainya lagi.

Terakhir, Tamrin menyampaikan, apabila pengeeksekusian itu benar akan dilakukan. Kami pihak keluarga meminta jenazah ketiga terpidana itu dapat dipulangkan dan dikebumikan dikampung halaman mereka.

“Jika dari penjelasan Bupati nanti itu benarkan ketiganya akan dieksekusi, kita meminta jenazah mereka dapat dipulangkan, itu harapan besar kami,”tukasnya.

Namun demekian, Pihak keluarganya sangat ingin bertemu bapak Presiden untuk membahas permasalahan itu. Dia berharap kepada pihak Media untuk dapat membantu niatnya mereka tersebut melalu publikasi.

“Kita sangat ingin sekali menghadap Presiden, namun kita belum tau celahnya, kita mohon sekali pihak media dapat mewujudkan niat kita ini,” tuntasnya.(Han)

KOMENTAR DISQUS :

TABEL LIGA

Top