Senin, 22 Juli 2019 |
FokusJambi - Hukum & Kriminal - Daerah

Pelaku Penggelapan Motor Dicokok

Kamis, 29 Oktober 2015 | 09:58:44 WIB wib Dibaca: 452 Pengunjung
-p Susah Hidup Dirantau US Gelap Motor

 

FOKUS JAMBI. COM, MERANGIN- Tindak pidana penggelapan dan perampasan motor kembali terjadi diwilayah hukum Polres Merangin. Kali ini menimpa seorang tukang ojek warga Kabupaten Srolangun, Abdul Muis. Dia harus merelakan motor Vega R miliknya di dibawa lari oleh gembong penggelapan motor.

Informasi yang dihimpun, sekitar bulan Mai beberapa bulan yang lalu pelaku berinisial US (40) warga Desa Imber Jati Kecamatan Kekim selatan, Kabupaten Lahat, berniat merantau. Sesampainya di Kabupaten Srolangun, pelaku meminta korban yang kesehariannya berprofesi sebagai tukang ojek mengatar ke Kabupaten Merangin.

Sesampainya di Merangin, pelaku langsung menjalankan niat liciknya dengan modus meminjam motor dengan korban lalu dibawa kabur. Melihat pelaku tak muncul-muncul akhirnya korban melaporkan aksi pelaku ke Polres Merangin. 

Pelaku saat wawancari di sel Mapolres Merangin, Rabu (28/10) kemaren, mengakui aksi penggelapan yag dilakukannya. Menurutnya dia melakukan itu lantaran susahnya mendapat penghasilan tetap hidup dirantau.

" Saya melakukan aksi ini, karena susah untuk mencari makan hidup dirantau orang," unkap US.

Dikatakan US, usai membawa lari motor korban, motor tersebut dijual ke Suku Anak Dalam (SAD), yang berdomisili di sebrang Desa Kungkai dengan harga senilai Rp 2. 450.000. Dari hasil penjualan tersebut dipergunakan untuk biaya hidupnya sehari-hari.

" Hasil pejualan motor itu saya gunakan untuk keperluan saya sehari-hari," singkat US.

Sementara Kapolres Merangin AKBP, Munggaran Kartyuga melalui Humas AKP Polres Merangin, IPTU J Sianturi membenarkan penangkapan pelaku penggelapan motor tersebut. Saat ini pelaku sudah diamankan.

" Ya, Minggu (25/10) kemaren pihak Polres Merangin, bekerja sama dengan Polres Kabupaten Srolangun, berhasil meringkus pelaku yang melakukan penggelapan motor milik tukang ojek bernama Abdul Muis yang dilakukan pelaku sekitar bulan Mai lalu" ungkap J Sianturi.

Dikatakannya, penangkapan pelaku bedasarkan informasi korban bahwa ia melihat pelaku di sedang berkeliaran di pasar atas Srolangun, mendapat informasi tersebut, pihak aparat Polres Merangin, berkoordinasi dengan pihak Satres krim Srolangun lalu pelaku diburu dan akhirnya pelaku berhasil diamankan dikawasan pasar atas Srolangun.

" Penangkapannya adanya informasi, dari korban bahwa dia melihat pelaku berkeliaran dipasar atas di Kabupaten Srolangun," sambung J Sianturi.

Saat ini ujar Sianturi, pelaku sudah diamakan di sel Mapolres Kabupaten Merangin, untuk menjalani hukuman atas perbuatan tindak pidana yang dilakukan. Atas tindakanya pelaku akan dikenakan pasal 372 tentang penggelapan motor dengan ancaman pidana diatas lima tahun kurungan.

" Pelaku akan di jerat dengan pasal tindak pidana penggelapan, dengan ancaman kurungan sekitar lima tahun penjara,"pungkasnya. (Vik)

KOMENTAR DISQUS :

TABEL LIGA

Top