Kamis, 23 Mei 2019 |
FokusJambi - Politik Praktis

Munas Apeksi Ajang Berbagi Pengalaman Wali Kota

Rabu, 27 Juli 2016 | 13:40:23 WIB wib Dibaca: 336 Pengunjung
Wali Kota Medan Dzulmi Eldin

 

FOKUSJAMBI.COM, Medan-Musyawarah Nasional V Asosiasi Pemerintah Kota Seluruh Indonesia (Apeksi) tahun 2016 yang berlangsung 26-28 Juli di Kota Jambi dijadikan sebagai ajang saling belajar dan bertukar informasi bagi wali kota untuk pembangunan di daerahnya masing-masing nantinya.

Wali Kota Medan Dzulmi Eldin melalui pesan singkatnya dari Jambi, Rabu, mengatakan selain bersilaturahmi pada Munas Apeksi tersebut, para Wali Kota dari seluruh Indonesia saling bertukar informasi untuk membangun dan memajukan kotanya masing-masing.

Melalui Munas Apeksi itu seluruh Wali Kota se-Indonesia berkumpul untuk membahas apa yang bisa dilakukan dalam rangka memajukan masing-masing kota yang dipimpinnya.

Termasuk memberikan masukan kepada pemerintah melalui rekomendasi yang dihasilkan melaliui Munas nanti.

"Jadi melalui kebersamaan yang terbangun melalui Munas ini, kita berharap seluruh kota yang tergabung dalam Apeksi akan menjadi lebih baik dan maju ke depannya," katanya.

Munas V di Jambi kali ini, Eldin bersama seluruh Wali Kota dari Indonesia akan membahas kebijakan program kerja Apeksi untuk empat tahun ke depan, serta menyusun rekomendasi yang nantinya akan disampaikan kepada pemerintah.

Selain itu melalui Munas ini juga akan dipilih Dewan Pengurus dan Pengawas APEKSI masa bakti 2016-20120.

Sebelumnya saat memberikan sambutan selamat datangnya, Wali Kota Jambi Syarif Fasha mengatakan, jumlah penduduk Jambi pada tahun 2013 sekitar 546.000 jiwa, namun sekarang sudah meningkat drastis menjadi 732.000 jiwa.

Artinya, telah terjdi kenaikan sekitar 40 persen dan kenaikan itu terjadi bukan akibat tingkat kelahiran melainkan tingginya tingkat urbanisasi.

Peningkatan urbanissi ini terjadi karena masyarakat yang bermukim dari kabupaten ingin mendapatkan pendidikan lebih layak.

"Kemudian mereka ingin mendapatkan pelayanan kesehatan yang lebih baik lagi, serta ingin mencari lapangan pekerjaan. Untuk itu dalam Munas ini, saya mengingatkan kepada seluruh Wali Kota untuk siap menyikapi arus urbanisasi ini," katanya. (Ant)

KOMENTAR DISQUS :

TABEL LIGA

Top