Minggu, 18 Agustus 2019 |
FokusJambi - Politik Praktis

Muaro Bungo Butuh 520 PPK Dan PPS

Rabu, 29 April 2015 | 12:58:13 WIB wib Dibaca: 1921 Pengunjung

Laporan Fokusjambi.com

FOKUSJAMBI.COM, JAMBI - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Muaro Jambi membutuhkan sebanyak 520 Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) dan Panitia Pemungutan Suara (PPS) untuk penyelenggaraan pemilihan kepala daerah (pilkada) gubernur dan wakil gubernur Jambi, akhir 2015.

"Kita membuka lowongan bagi masyarakat yang berkeinginan menjadi PPK dan PPS untuk penyelenggara di tingkat kecamatan dan desa atau kelurahan," kata Ketua KPU Muaro Jambi Edison yang dihubungi dari Jambi, Rabu.

Dari 520 orang petugas itu terdiri atas 55 orang anggota PPK dan 465 orang anggota PPS. Untuk PPK, setiap kecamatan ditempatkan lima orang dan tiga anggota PPS untuk masing-masing desa atau kelurahan.

Sedangkan untuk penerimaan berkas akan dilakukan selama enam hari, yakni dimulai pada Kamis 30 April hingga Selasa 5 Mei 2015. Adapun persyaratan untuk bisa menjadi calon anggota PPK dan PPS di Kabupaten Muaro Jambi, antara lain adalah WNI berusia minimal 25 tahun.

Kemudian setia kepada Pancasila sebagai dasar negara dan UUD 1945 dan cita-cita Proklamasi 17 Agustus 1945, mempunyai integritas, pribadi yang kuat, jujur dan adil, tidak menjadi anggota Partai Politik, berdomisili di wilayah kerja PPK dan PPS.

Selain itu harus mampu secara jasmani dan rohani, berpendidikan minimal SLTA, tidak pernah dipenjara berdasarkan putusan pengadilan yang telah memperoleh kekuatan hukum tetap karena melakukan tindak pidana yang diancam dengan pidana penjara 5 (lima) tahun atau lebih.

"Untuk syarat lengkap bisa dilihat di pengumuman yang telah dikirimkan ke seluruh camat dan Kepala Desa atau Lurah dan atau langsung datang ke KPU Muaro Jambi," kata Edison.

Sementara itu, anggota Divisi Hukum KPU Muaro Jambi, Suparmin mengimbau masyarakat yang mempunyai kualifikasi sebagaimana persyaratan yang telah diumumkan untuk ikut berpartisipasi mengikuti proses seleksi.

"Proses seleksi ini tidak dipungut biaya. Kecuali untuk memenuhi berkas persyaratan administrasi yang disyaratkan UU dan Peraturan KPU," kata Suparmin.

Untuk anggota PPK akan ditetapkan 10 orang yang lulus dari seleksi tertulis untuk menuju wawancara, sedangkan untuk PPS sebanyak enam orang yang akan ikut seleksi wawancara dan untuk kemudian ditetapkan lima besar terbaik untuk lulus menjadi anggota PPK dan tiga besar terbaik untuk menjadi anggota PPS.

Berikut ini jadual seleksi penerimaan PPK dab PPS untuk Kabupaten Muaro Jambi yakni tahapan dan jadual pengumuman atau pengambilan berkas pada 28-29 April, penerimaan berkas 30 April-5 Mei, penelitian administrasi diselenggarakan pada 4-5 Mei 2015. (Ant)

KOMENTAR DISQUS :

TABEL LIGA

Top