Senin, 23 September 2019 |
FokusJambi - Peristiwa & Umum - Daerah

Minggu Kontes Batu Akik di Gelar

Senin, 09 Maret 2015 | 10:48:43 WIB wib Dibaca: 3215 Pengunjung
Ilustrasi (Dok: Google)

Laporan Fokusjambi.com

FOKUSJAMBI.COM, MERANGIN - Kontes batu akik terbuka untuk sumatra(Sumatra-Open) Minggu(8/3) kemaren akhirnya di gelar.

Kontes yang dilaksanakan di depan komplek perkantoran Bupati tersebut, menampilkan dua  Kategori,  umum dan Kategori khusus.

"Ya, ada dua kategori yang di konteskan, yang pertama Kategori umum dan yang ke dua Kategori khusus," kata ketua komonitas Batu akik Merangin Dedi Darmantiaz.

Di katakan Dedi, untuk kategori umum terdiri delapan jenis batu diantaranya ialah, Bacan/Indocrase( Sungai Daerah Aceh), Moss-In-Chalcedoni(Lumut Merangin dan lumut soliki), Teratai Sarang Tawon,  Chalcedony limau manis(Red. Yellow, Orange), Chaledony non limau manis(White, Blue, Lavender),  Panca Warna, yang kedelapan Motif Gambar.

"Itulah jenis batu yang akan di konteskan untuk kategori umum," tambah Dedi.

Kalau untuk Kelas khusus tambah Dedi, ada tiga kategori dari ketiga kategori tersebut identik dengan potesi kekayaan alam Kabupaten Merangin yakni Batu Sungkai. Yang pertama adalah Panca Warna Batu Sungkai  Sungkai, Motif bergambar  Batu Sungkai dan  Kecubung Api juga dari Batu Sungkai.

"Untuk kategori khusus,  kita menampilkan potensi kekayaan alam Merangin yaitu semuanya batu sungkai," timpalnya.

Bagi siapa peserta yang menyandang predikat sebagai juara umum dalam kontes tersebut ungkap Dedi,  maka dia berhak mendapatkan hadiah 1 unit sepeda motor, flus Trofi dan piagam.

"Untuk juara II mendapatkan uang pembinaan dan flus piagam, dan juara III juga sama dengan juara II mendapatkan uang pembinaan dan piagam," pungkasnya. (Han)

KOMENTAR DISQUS :

TABEL LIGA

Top