Minggu, 18 Agustus 2019 |
FokusJambi - Sosial & Budaya

MERANGIN RAIH KALPATARU PENYELAMAT LINGKUNGAN

Senin, 31 Oktober 2016 | 15:47:51 WIB wib Dibaca: 506 Pengunjung


FOKUS JAMBI. COM, MERANGIN -Kabupaten Merangin dianugerahi Penghargaan Kalpataru kategori penyelamat lingkungan oleh Gubernur Jambi H Zumi Zola. Peranugrahan ini karena Merangin dinilai berhasil mempertahankan hutan adat Serampas Desa Rantau Kermas, Jangkat. 

Piagam penghargaan kalpataru itu diserahkan Wakil Bupati (Wabup) Merangin Khafid Moein dan  Sekda H Sibawaihi kepada perwakilan kelompok pengelola hutan adat (KPHA) Depati Kara Jayo Tuo.

Penyerahan dilakukan pada upacara peringatan hari lingkungan hidup sedunia 2016 yang berlangsung khidmat di halaman depan Kantor Bupati Merangin.

‘’Terimakasih dan sukses buat KPHA Depati Kara Jayo Tuo,’’ujar Wabup.

Wabup, menjelaskan pada 2016 ini UNEP (United Nations Environment Programe) Badan Lingkungan PBB telah menetapkan tema hari lingkungan hidup sedunia, ‘Go 2 Wild For Life’ (Selamatkan tumbuhan dan satwa langka untuk kehidupan).

Indonesia menjadi rumah dari 17 persen total spesies yang ada di dunia, yaitu sebanyak 35 ribu-40 ribu spesies tumbuhan (11-15%), 707 spesies mamalia (12%), 350 spesies amphibi dan reptil (15%), 1.602 spesies burung (17%) dan 2.184 spesies ikan air tawar (37%).

Sementara untuk kelautan terdapat setidaknya 2.500 spesies molusca, 200- spesies krustasea, enam spesies penyu laut, 30 spesies mamalia laut dan lebih dari 2.500 spesies ikan. ‘’Sebagian spesies itu menghadapi ancaman kepunahan,’’terang Wabup.

Untuk mencegah terjadinya kepunahan itu, Wabup minta peran seluruh masyarakat Merangin agar selalu menjaga keutuhan spesies tersebut. Wabup dengan tegas melarang adanya pemburuan spesies-spesies yang dilingkungi itu.

Pada upacara peringatan hari lingkungan hidup sedunia itu, Wabup bersama Sekda, para Asisten, Staf Ahli juga memberikan sejumlah penghargaan lainnya, terkait peringatan hari lingkungan hidup sedunia.

Wabup memberikan surat ketetapan Bupati Merangin atas sekolah pembina menuju Adiwiyata Mandiri tingkat nasional 2016 kepada SMP Negeri 4 Merangin dan SMA Negeri 12 Merangin.

Selain itu juga sekolah penerima Adiwiyata tingkat Kabupaten Merangin 2016 diberikan kepada SD N 260/VI Desa Rawa Jaya Kecamatan Tabir Selatan, SMP N 16 Merangin, SMA N 5 Merangin dan SMA N 13 Merangin.

Hadiah pemenang sederetan lomba peringatan hari lingkungan hidup sedunia juga diberikan. Pemenang perama sampai ketiga lomba melukis diberikan kepada Anisa, Nurkumalawati dan Rafael.

Juara lomba poster diberikan kepada Imam terbik pertama, kedua Fitto dan ketiga Salsabila. Sedangkan juara mengarang tentang lingkungan terbaik pertama diberikan kepada Agnesia, kedua Lutfi dan ketiga Siti Munawaroh. (Han)

KOMENTAR DISQUS :

TABEL LIGA

Top