Senin, 23 September 2019 |
FokusJambi - Peristiwa & Umum

MEMASUKI MUSIM PENGHUJAN PROVINSI JAMBI DIMINTA WASPADA

Selasa, 14 November 2017 | 18:33:56 WIB wib Dibaca: 167 Pengunjung
ilustrasi

FOKUSJAMBI.COM, JAMBI - Memasuki musim penghujan dari bulan Oktober hingga Februari 2018 Hampir di seluruh wilayah di Provinsi Jambi saat ini terus diguyur hujan baik ringan maupun berat. 

Kepala BMKG Provinsi Jambi Stasiun Sulthan Thaha Nurangesti Widyastuti menyebutkan, bahwa saat ini hujan masih berpotensi di Jambi. 

Dijelaskannya, musim hujan ini tidak berarti hujan dan untuk saat ini perkiraan hujan masih normal, tetapi dari analisa BMKG ada potensi La- nina lemah pada bulan  November hingga Februari 2018.

"Jika ada potensi La-Nina lemah artinya ada potensi penambahan curah hujan,jadi kalaupun musim hujan di provinsi Jambi ini sangat normal tetapi ada potensi penambahan curah hujan ,"jelasnya. 

Dikatakan Nurangesti pada musim hujan ini perlu diwaspadai adanya potensi banjir dan tanah longsor, juga masih dari potensi puting beliung serta cuaca ekstrim yang mungkin terjadi. Untuk bencana ini harus diwaspadai terutama disekitar aliran sungai Batanghari, tanah longsor, dan pohon tumbang.

"Potensi hujan saat ini terjadi hujan sedang hingga lebat disertai petir dan angin kencang pada siang, sore, malam dan dinihari. Potensi ini terjadi di seluruh kabupaten kota yang ada di Jambi,"katanya. 

Pada musim penghujan ini, Nurangesti menghimbau kapada seluruh masyarakat agar peduli terhadap lingkungan terutama membersihkan selokan supaya tidak terjadi banjir lokal dan air itu berjalan dengan lancar. 

Ia juga mengingatkan agar masyarakat tidak buang sampah sembarangan baik di musim hujan maupun musim kemarau juga harus berani peduli terhadap lingkungan.

Lebih lanjut Nurangesti mengatakan bahwa di musim penghujan ini juga terpantau 2 titik hotspot dengan tingkat kepercayaan di atas 50% yang diamati dari satelit Aqua Terra.

"Dua titik hotspot terpantau di Tanjung Jabung Barat dan tebu dengan tingkat kepercayaan di atas 50% sehingga harus diwaspadai,"pungkasnya.(Rif)

 

KOMENTAR DISQUS :

TABEL LIGA

Top