Selasa, 24 September 2019 |
Hukum & Kriminal

Mantab:Polda Jambi Ekpose Permasalahan Perkembangan Terkait Kasus SMB Pimpinan Muslim CS

Jumat, 23 Agustus 2019 | 23:19:02 WIB wib Dibaca: 96 Pengunjung

FOKUSJAMBI.COM.JAMBI -Kepolisian daerah (Polda) Jambi telah menerima kunjungan dari Komisi Nasional Hak Azasi Manusia (Komnas HAM), Komnas Perempuan serta Komisi Perlindingan Anak Indonesia (KPAI) untuk melihat dan mendengarkan langsung penjelasan dari Kepolisian Jambi yang menangani kasus kelompok Serikat Mandiri Batanghari (SMB) dengan 59 orang tersangka dibawah pimpinannya Muslim.

Dikretur Reserse Kriminal Umum (Dirreskrimum) Polda Jambi, Kombes Pol M Edi Faryadi, dalam Pers Realesenya Hari ini Jum'at(23/08/2019) yang turut di dampingi oleh Kabid Humas Polda Jambi Kombes Pol Kuswahyudi Tresnadi mengatakan, dalam dua hari terakhir ini pihaknya telah menerima kunjungan dari Komnas HAM, Komnas Perempuan dan KPAI yang datang langsung ke Jambi untuk melihat kasus itu dari proses penyidikan di Polda.

Kunjungan para pimpinan atau perwakilan dari Komnas HAM, Perempuan dan KPAI itu diterima langsung oleh Kapolda Jambi, Irjen Pol Drs  Muchlis AS.MH, beserta Wakapolda Jambi Brigjen Pol Drs Charles Bonardo Sadatua Nasution.M.S.i,  Dirreskrimum serta para Pejabat utama Polda Jambi yang kegiatan nya berlangsung selama dua hari terakhir.

Kami sebagai penyidik yang menangani kasus kelompok SMB tersebut dan telah memaparkan semuanya kepada perwakilan Komnas HAM, Perempuan dan KPAI itu terkait kasus SMB ini, Ucap Kombes Pol M.Edi Faryadi.

Sedangkan untuk perkembangan kasus Serikat Mandiri Batanghari (SMB) yang ditangani Polda Jambi, pada saat ini kami dari kepolisian sudah melakukan gelar perkara dengan pihak Kejaksaan Tinggi (Kejati) Jambi. Kemudian berkasnya pun  telah dilimpahkan tahap I ke pihak Kejati Jambi dan disana masih dalam tahap penelitian, dan kami pun berharap segera bisa diproses lebih lanjut dan selesai dan bisa dilimpah ke tahap II.

Selain itu dalam proses penyelidikan ini, polisi telah berkoordinasi dan ada pengawasan dari Komnas HAM yang sudah datang dipimpin oleh komisionernya Pak Gatot dan mereka datang ke Jambi serta melihat langsung proses penyidikan yang dilakukan kepolisian mulai dari tahap penindakan, dan melayani para tersangka di polisi apakah diberlakukan dengan baik di rutan Polda Jambi.

Dan pada Hari ini juga Polda Jambi menerima kunjungan dari Komnas Perempuan karena ada salah satu pelaku yang ditangkap adalah seorang perempuan yakni berinisial D istri dari Muslim pimpinan Kelompok SMB tersebut dan selain itu juga datang ke Polda Jambi, KPAI yang bersama Komnas Perempuan untuk melihat langsung proses penyidikan kasus tersebut secar langsung bagaimana pelayanan kepada para pelaku yang dilakukan kepolisian Jambi,Lanjut Kombes Pol M.Edi Faryadi.

Dalam pertemuan itu tanggapan dari Komnas Ham dan Komnas perempuan serta KPAI bahwa
menurut mereka melihat adanya transparansi penyidikan dan sisi humanis dari Polda Jambi dalam penanganan terhadap  perkara para tersangka ini.

Mereka menilai dan melihat dari adanya pengecekan kesehatan secara rutin kepada para tersangka, pelaksanaan cek psikologi healing dan kegiatan agama yang rutin dilakukan oleh  kepolisian Polda Jambi, dan ini semua menjadi moment yang baik bagi mental para tersangka yang saat ini menjalani hukuman, Sambung Kombes Pol M.Edi Faryadi.

Kami berharap dengan adanya pengawasan dari Komas HAM, perempuan dan KPAI, maka Kedepan nya nanti kami bisa meningkatkan kinerja dan melayani para tersangka dengan baik, Tutup Kombes Pol M.Edi Faryadi(Man)

KOMENTAR DISQUS :

TABEL LIGA

Top