Senin, 22 Juli 2019 |
FokusJambi - Daerah - Olahraga

LESTARIKAN TRDISI,  HARIS TUTUP LOMBA PACU DESA TELUK SEKUMBANG

Senin, 04 September 2017 | 10:50:19 WIB wib Dibaca: 472 Pengunjung

FOKUS JAMBI. COM, MERANGIN - Setelah berlangsung tiga hari, lomba Pacu Perahu Tradisional Bupati Merangin Cup di Desa Teluk Sekumbang Kecamatan Muara Siau, akhirnya kemarin (3/9) ditutup secara resmi oleh Bupati Merangin H Al Haris.

Penutupan lomba pacu perahu yang berlangsung di Sungai Batang Tembesi tersebut berlangsung meriah, disaksikan ratusan penonton yang berdiri di bantaran sungai yang dilalui pacu perahu.

‘’Saya sangat memberi apresiasi terhadap lomba pacu perahu ini. Saya harapkan lomba pacu perahu ini akan menjadi agenda tahunan Desa Teluk Sekumbang, karena sangat direspon banyak masyarakat,’’ujar Bupati.

Pada lomba pacu perahu yang sebelumnya dibuka Camat Muara Siau Suardi pada Jumat (1/9) itu, diikuti sebanyak 36 tim dari Kecamatan Tiangpumpung,Muara Siau, Nalotantan, Jangkat, Renah Pembarap dan Bangko.

Sukses merebut juara pertama pada lomba pacu perahu itu, Tim KTI Desa Teluk Sikumbang, juara dua Tim SD Negeri 138 Teluk Sikumbang, juara tiga Tim  Pemdes Teluk Sikumbang dan juara harapan Tim Macan Tutul.

Pada kesempatan itu, bupati memberikan hadiah uang tunai sebesar  Rp 5 juta untuk juara pertama, Rp 4 juta juara kedua, Rp 3 juga juara ketiga dan Rp 1,5 juta untuk juara harapan.

‘’Lomba pacu perahu ini sangat positif, dimana seluruh kepala desa sudah membuat pernyataan untuk menjaga sungai dari Penambangan Emas Tanpa Izin (PETI). Mari kita lestarikan sungai,’’himbau Bupati.

Bila sungai sudah lestari tegas bupati, ikan-ikan di sungai itu akan berkembangbiak dengan baik. Masyarakat tidak akan kekurangan ikan, karena ikan di sungai bakal melimpah bila sungainya lestari dan tidak tercemar.

‘’Hari ini saya undang Sekcam Tabir Ulu, untuk mengenal kembali asal usul nenek moyang kita. Sebab nenek moyang warga Desa Teluk Sikumbang, juga ada mengembangkan keturunan di Tabir Ulu,’’terang Bupati.

Bupati terus mengajak para pemuda desa untuk berkarya dan menciptakan kehidupan yang positif dan berguna bagi masyarakat. Pemuda harap bupati, harus punya karekter yang jelas.

Usai menutup lomba pacu perahu, bupati membuka lubuk larangan di Desa Teluk Sikumbang tersebut. Menariknya setelah membuka lubuk larangan dan ikannya diambil masyarakat, bupati menabur sekitar 4.500 benih ikan.(Han) 

KOMENTAR DISQUS :

TABEL LIGA

Top