Senin, 20 Mei 2019 |
FokusJambi - Daerah

LEPAS KONTINGEN JAMNAS PRAMUKA, ZOLA HARAP PESERTA BAWA DAMPAK POSITIF BAGI JAMBI

Selasa, 09 Agustus 2016 | 11:08:58 WIB wib Dibaca: 333 Pengunjung
pelepasan peserta jambore jambi

FOKUSJAMBI.COM, JAMBI - Gubernur Jambi, Zumi Zola, mengharapkan agar peserta Jambore Nasional Pramuka dari Provinsi Jambi mendapat pengalaman yang sangat berharga yang selanjutnya bisa membawa dampak positif bagi Provinsi Jambi. Harapan tersebut dikemukakan oleh Zola dalam Pelepasan Kontingen Pramuka Provinsi Jambi untuk mengikuti Jambore Nasional X Pramuka, bertempat di Lapangan Depan Kantor Gubernur Jambi, Selasa (09/08/16) pagi.

Selaku Kepala Majelis Pembimbing Daerah (Kamabida) Gerakan Pramuka Provinsi Jambi yang bertindak sebagai pembina upacara, Zola berpesan supaya  para pembimbing Pramuka Provinsi Jambi terus membina dan memelihara  moril dan motivasi para peserta. Zola juga berpesan agar kontingen menjaga kesehatan dengan baik. 

"Jaga kesehatan dan capai prestasi yang terbaik," ujar Zola, selasa (09/08/16).

"Sebagai duta Provinsi Jambi, jaga nama baik Provinsi Jambi," tambah Zola.

Zola menyerahkan bendera kontingen kepada Ketua Kontingen Pramuka Provinsi Jambi, melakukan pemakaian secara simbolis tanda peserta kontingen kepada perwakilan kontingen, yakni dari perwakilan peserta kontingen Kabupaten Kerinci dan Tanjung Jabung Barat, serta menandatangani foto Kamabida dan Kakwarda Jambi, bersama Kakwarda Jambi.

Kepada para wartawan yang mewawancarainya, Zola menjelaskan bahwa Jambore Nasional Pramuka yang diikuti oleh perwakilan peserta dari 11 kabupaten/kota se Provinsi Jambi ini merupakan kesempatan yang sangat baik bagi anak-anak Pramuka. 

"Ini sangat baik bagi anak-anak kita, untuk dapat edukasinya, pembinaan mentalnya, dan juga ketika bertemu drngan Pramuka se Indonesia, bisa bukan hanya berkompetisi secara sehat, tetapi juga mendapatkan pengalaman. Itu yang kita harapkan," tutur Zola.

"Tadi saya juga sudah menyampaikan pesan kepada para pendampingnya, untuk memperhatikan kesehatan mereka, makannya," tambah Zola.

"Pemerintah juga sudah bantu, dengan semua peralatan yang dibutuhkan. Kita doakan, berangkat ini lancar, kembalinya mereka membawa suatu pengalaman yang sangat berharga, dan karena evennya ini bukan even tahunan, kita harapkan manfaatnya lebih besar, yang bisa mereka bagikan kepada teman-temannya dan adik-adiknya," tutup Zola.

Sementara itu, Ketua Kontingen Pramuka Provinsi Jambi, Yevi Rivaldi mengatakan Jambore Nasional Pramuka dilakukan sekali lima tahun, dan Jambore Nasional X Pramuka Tahun 2016 akan diselenggarakan pada tanggal 14 - 21 Agustus 2016 di Bumi Perkemahan Cibubur, yang direncanakan dibuka oleh Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo pada tanggal 14 Agustus 2016 mendatang.

Lanjut Yevi Rivaldi, motto Jambore Nasional X Pramuka Tahun 2016 adalah "keren gembira asik", dengan pengertian, keren apabila peserta memahami minimal 80% dari materi dan kegiatan yang dilaksanakan, gembira jika para peserta mengikuti dengan antusias, dan asik jika satu orang peserta memilki teman baru 1.000 orang.

Yevi Rivaldi menyampaikan, peserta jambore dari Provinsi Jambi berasal dari 11 kwartir cabang (kabupaten/kota), dengan jumlah 352 orang, ditambah para pendamping dan pengyrus total 460 orang.

Dalam Jambore Nasional X Pramuka Tahun 2016 ini, salah satu kegiatan yang akan dilakukan adalah Seminar tentang Kepemudaan Nasional, dan Gubernur Jambi, Zumi Zola diminta menjadi narasumber tokoh pemuda nasional. (Tso)

KOMENTAR DISQUS :

TABEL LIGA

Top