Sabtu, 24 Agustus 2019 |
FokusJambi - Peristiwa & Umum

Lebaran - Puncak Arus Balik Terminal Bus Jambi H 5

Selasa, 21 Juli 2015 | 18:20:03 WIB wib Dibaca: 987 Pengunjung

FOKUSJAMBI.COM, JAMBI - Puncak arus balik warga yang menggunakan bus umum di Terminal "Alam Barajo" Kota Jambi diperkirakan pada H+5 Lebaran Idul Fitri 1436 Hijriah.

Kepala UPTD Terminal "Alam Barajo" Sayiful Ansori di Jambi, Selasa menjelaskan arus balik saat ini masih normal dan diperkirakan akan ramai pada H+5 Idul Fitri 2015.

"Saat ini masih normal, puncaknya diperkirakan pada H+5 hingga H+7, karena bertepatan dengan habisnya masa cuti bersama dan juga masa libur anak sekolah habis," katanya menjelaskan.

Ia mengatakan, sejak H+1 hingga H+4 pada arus balik penumpang yang melakukan perjalanan dengan menggunakan moda transportasi darat via terminal tersebut baru mencapai 1.817 penumpang.

"Itu semuanya mulai dari penumpang AKAP dan AKDP, namun penunmpangnya lebih didominasi AKAP dengan jurusan luar pulau sumatera seperti Jawa," kata Syaiful.

Ia menambahkan, pada umumnya bus besar seperti AKAP setiba di Jambi lebih dominan pada malam hari, sehingga banyak penumpang yang tiba di Jambi tidak terdata.

"Kalau malam itu kita tidak melakukan pendataan karena jam opersional kita sampai sore, sehingga malam hari penumpang itu turunnya di loket bus masing-masing," katanya menambahkan.

Menurutnya, arus mudik dan arus balik pada tahun ini malah cenderung menurun jika dibandingkan sebelumnya, pasalnya masa liburan lebaran tahun ini cukup lama, sehingga masyarakat lebih memilih melakukan perjalanan dengan menggunakabn mobil pribadi.

"Waktu liburan tahun ini panjang. Jadi masyarakat itu lebih memilih menggunakan mobil pribadi, karena kalau pakai mobil pribadi mereka bisa jalan-jalan mengisi liburan," katanya menjelaskan.(ant)

KOMENTAR DISQUS :

TABEL LIGA

Top