Senin, 20 Mei 2019 |
FokusJambi - Kesehatan & Gaya Hidup

Kunci Agar Otak Tetap Sehat: Kombinasikan Aspek Fisik, Mental, dan Sosial

Sabtu, 30 Mei 2015 | 13:34:21 WIB wib Dibaca: 491 Pengunjung

Laporan Fokusjambi.com

FOKUSJAMBI.COM, JAKARTA - Latihan fisik tidak hanya dibutuhkan tubuh dan otot demi menjaga kebugaran. Sebab, otak juga membutuhkan latihan yang salah satu tujuannya yakni untuk mempertahankan fungsi otak hingga usia seseorang sudah lanjut.

Pada dasarnya, otak membutuhkan tiga jenis rangsangan untuk bisa berkembang dengan baik, demikian dikatakan Constantine Lyketsos, MD, direktur Memory and Alzheimer's Treatment Center di Johns Hopkins Bayview Medical Center, Baltimore. Ketiga jenis latihan tersebut yakni mental, fisik, dan sosial.

"Sejak dianjurkan untuk minimal melakukan aktivitas fisik 3 jam setiap minggu, saya juga merekomendasikan latihan mental dan keterlibatan sosial untuk kesehatan otak 3 jam seminggu pula," tutur Lyketsos, dikutip dari Prevention, Sabtu (30/5/2015).

Dikatakan Lyketsos, latihan mental bisa mencakup membaca, mengerjakan teka-teki silang atau permainan seperti sudoku. Selain itu, Anda juga bisa melatih mental dengan mempelajarai bahasa baru, belajar alat musik, serta menggunakan program pelatihan otak secara online.

Sedangkan, seperti pada umumnya, latihan fisik bisa dipenuhi dengan melakukan latihan kardio atau angkat beban dengan intensitas sedang hingga berat. Nah, untuk keterlibatan sosial, Lyketsos menyarankan Anda untuk tetap menjaga pergaulan dengan teman-teman.

"Anda bisa membuat janji dengan teman untuk menonton bioskop bersama, pergi beribadah bersama, atau yang simpel bisa dengan hanya mengobrol dengan teman atau kerabat melalui telepon. Nah, untuk mempertahankan fungsi otak, kuncinya adalah mengkombinasikan ketiga hal itu dan memastikan bahwa Anda melakukannya setiap minggu," imbuh Lyketsos.

"Karena otak begitu rumit, jika Anda hanya melakukan satu hal saja, maka yang terangsang dan terpelihara hanya satu bagian kecil dari otak saja. Dengan mengkombinasikan tiga aspek yaitu mental, fisik, dan sosial, Anda bisa memaksimalkan fungsi otak dengan melibatkan lebih banyak daerah otak," pungkas Lyketsos. (dtk)

 

KOMENTAR DISQUS :

TABEL LIGA

Top