Selasa, 21 Mei 2019 |
FokusJambi - Advetorial

KPU KOTA JAMBI GELAR APEL GERAKAN COKLIT NUSANTARA

Sabtu, 20 Januari 2018 | 12:22:39 WIB wib Dibaca: 394 Pengunjung

FOKUSJAMBI.COM, KOTA JAMBI - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Jambi menggelar apel siaga dalam rangka mengawali proses pencocokan dan penelitian (coklit) yang di mulai pada hari ini Sabtu, 20 Januari. Apel yang digelar di Stadion Tri Lomba Juang KONI Jambi itu di ikuti lebih dari 1.600 orang.

Apel siaga dalam rangka mengawali proses pencocokan dan penelitian (coklit) di Stadion Tri Lomba Juang KONI Jambi sabtu (20/1/2017)). Perseta terdiri Dari Petugas PPDP, PPS, PPK Dan Komisi Pemilihan Umum Jambi.

Kegiatan Proses pencocokan dan penelitian (coklit) data pemilih yang dimulai hari ini, melibatkan 1.521 petugas pemutakhiran data pemilih (PPDP). Gerakan coklit serentak ini petugas akan melakukan pencocokan dan penelitian data pemilih dari rumah ke rumah (door to door).

Anggota Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Jambi Arief Lesmana Yoga di Jambi mengatakan petugas yang dilibatkan dalam gerakan coklit serentak itu terdiri dari Petugas Pemutakhiran Data Pemilih (PPDP),  Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK), Panitia Pemungutan Suara (PPS).

"PPDP  sebanyak 1.521 orang, kemudian PPK sebanyak 550 orang serta PPS sebanyak 186 orang" ujarnya

Sementara itu, Ketua KPU Kota Jambi Wein Arifin mengatakan, dalam proses coklit selain melakukan pemeriksaan data pemilih dari rumah ke rumah, petugas PPDP juga akan memberikan pendidikan atau edukasi politik berbasis keluarga sehingga partisipasi pemilih meningkat.

Pihaknya mengimbau agar seluruh warga untuk berpartisipasi pada gerakan kegiatan pencocokan dan penelitian (coklit) data pemilih yang akan digelar 20 Januari hingga 18 Februari 2018 itu.

"Satu PPDP minimal mencoklit di lima rumah, dan petugas juga edukasi politik kepada pemilih dengan berbasis keluarga untuk meningkatkan partisipasi pemilih" katanya

Dalam proses coklit itu kata Wein, petugas akan diberikan buku kerja guna memastikan petugas itu mencoklit dengan langsung mendatangi ke rumah warga.

Sementara itu Ketua KPU Prov Jambi Subhan mengatakan, dijambi ada dua kabupaten dan satu kota yang mengikuti pilkada serentak pada 27 Juni 2018 mendatang.

"Dan pada hari ini sebelum melakukan coklit dimulai dengan apel siaga," ujarnya.

KPU RI telah menetapkan tanggal pencoblosan pilkada serentak 2018 yang rencananya pencoblosan akan dilakukan pada 27 Juni 2018.

Dalam pilkada serentak 2018 itu akan diikuti oleh 171 daerah di Indonesia, dan salah satunya Kota Jambi yang juga akan menggelar pemilihan kepala daerah Wali kota dan Wakil Wali kota Jambi periode 2018-2023.(Yan)

KOMENTAR DISQUS :

TABEL LIGA

Top