Selasa, 21 Mei 2019 |
FokusJambi - Pendidikan

KOPERTAIS JAMBI DORONG PERGURUAN TINGGI TINGKATKAN MUTU

Kamis, 08 Desember 2016 | 11:09:26 WIB wib Dibaca: 388 Pengunjung
salah satu perguruan negri islam jambi

FOKUSJAMBI.COM, JAMBI - Koordinator Perguruan Tinggi Agama Islam Swasta (Kopertais XIII) wilayah Jambi mendorong perguruan tinggi di wilayah kerjanya agar meningkatkan mutu untuk memperoleh akreditasi.

Sekretaris Kopertais XIII Jambi Asad Isma di Jambi, Rabu, mengatakan siap melakukan pengawasan, pembinaan dan pengendalian supaya berjalan sesuai UU No 12 tahun 2012 Tentang Pendidikan Tinggi.

"Dosen, alumni, mahasiswa, kelembagaan dan semuanya harus ditingkatkan mutu dan kualitasnya, karena semuanya itu terkait peningkatan akreditasi," kata Asad Isma dalam workshop peningkatan mutu dan akreditasi perguruan tinggi agama Islam swasta (PTAIS).

Pengawasan itu dilakukan salah satunya supaya jangan ada praktik jual beli ijazah dan juga terkait dengan peningkatan mutu dan kualitas termasuk tenaga pengajar (dosen) dan SDM.

Kopertais XIII Jambi yang sejak 2008 terpisah dari wilayah kerja Sumatera Selatan itu saat ini di Jambi membawahi 16 perguruan tinggi agama Islam swasta yang jumlah mahasiswanya mencapai 20 ribu orang.

"Dari 16 PTAIS tersebut rata-rata umurnya 30 tahunan dan akreditasinya C, sehingga kita dorong supaya meningkatkan akreditasi menjadi B," katanya.

Menurut dia, hadirnya perguruan tinggi swasta di daerah dapat membantu keterbatasan pemerintah dalam mengelola pendidikan tinggi.

Dia juga mengatakan, saat ini peran dan dukungan pemerintah daerah dalam membantu peningkatan sarana dan prasarana di perguruan tinggi agama islam itu masih minim.

Padahal lanjutnya, sudah ada ribuan alumni jebolan PTAIS yang sudah banyak bekerja di berbagai sektor dan termasuk membantu pemerintahan dalam peningkatan pembangunan.

"Sangat minim bantuan sarana prasarana, karena saat ini kebanyakan PTAIS masih mengandalkan dari SPP mahasiswa, sehingga kita dorong agar pemerintah juga memberi dukungan kepada perguruan tinggi" katanya. (Ant)

KOMENTAR DISQUS :

TABEL LIGA

Top