Selasa, 17 September 2019 |
FokusJambi - Nasional

Kesiapan Jalur Mudik di Sumatera

Selasa, 07 Juni 2016 | 11:42:53 WIB wib Dibaca: 3548 Pengunjung
peta mudik sumatra

 

FOKUSJAMBI.COM, Jakarta -Persiapan jalur mudik jelang Lebaran tidak hanya dilakukan di Pulau Jawa saja, namun juga dilakukan di Pulau Sumatera yang membentang dari Aceh hingga Lampung.

Sejumlah jalan alternatif disiapkan, termasuk pengoperasian 2 ruas jalan tol yang masuk ke dalam jaringan Jalan Tol Trans Sumatera.

Alternatif pertama adalah Jalan Lintas Timur sepanjang 2.756,94 Km. Pada Lintas Timur yang membentang Lampung-Palembang, kondisi jalan cukup baik. Menurut data Ditjen Bina Marga Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), hanya ada beberapa ruas jalan dalam kondisi berlubang namun tetap nyaman dilalui.

Masih pada Lintas Timur, kondisi jalan pada jalur Palembang-Jambi-Riau, secara umum masih banyak berlubang. Saat dilakukan survei, tim di lapangan tengah berupaya menutup lubang-lubang tersebut. 

Di Lintas Timur ruas Riau-Medan, Kementerian PUPR mencatat kondisi jalan relatif baik namun saat ini ada sejumlah kegiatan penanganan jalan seperti pekerjaan rigid pavement atau pembetonan di lokasi Pebaungan-Tebing Tingi, ada juga pekerjaan bahu jalan di Km 41 dari Medan, serta pekerjaan badan jalan di Kecamatan Bamban.

Sedang pada Jalur Lintas Tengah Sumatera sepanjang 2.420,40 km, kondisi jalan siap dilintasi pemudik dan bisa jadi alternatif. Namun perlu diwaspadai adanya potensi longsor di beberapa titik. 

Lintas tengah ruas Padang-Bukit Tinggi-Payakumbuh jalannya terpantau cukup baik namun ada sejumlah genangan yang akan dijumpai lantaran drainase terganggu di pasar Lubuk Alung. Kementerian PUPR menghimbau para pemudik untuk berhati-hati.

Lintas Tengah pada ruas Sumatera Barat-Sumatera Utara terdapat beberapa titik rawan longsor, meskipun kondisi jalan sudah baik.

Sedangkan Lintas Tengah pada titik Tapanuli Selatan yakni di ruas Sipirok-Turutung kondisi badan jalan masih rusak ringan dan parah.

Sementara pertolongan 2 ruas Tol Trans Sumatera yang bisa dioperasikan di antaranya adalah Tol Bakauheni-Terbanggi Besar paket 2 dengan rute Lematang-Kotabaru sepanjang 4 km dan paket 3 dengan rute Branti-Metro sepanjang 12 km. (Dtk)

KOMENTAR DISQUS :

TABEL LIGA

Top