Selasa, 22 Oktober 2019 |
Hiburan & Selebritas - Wisata & Kuliner

Kamu yang Jomblo, Ayo Liburan ke 5 Air Terjun 'Enteng Jodoh'

Sabtu, 10 Oktober 2015 | 11:27:38 WIB wib Dibaca: 861 Pengunjung
5 air terjun dengan mitos enteng jodoh

 

FOKUSJAMBI.COM, MAGELANG - Selain indah dan dikelilingi pepohonan hijau, beberapa air terjun di Indonesia juga menyimpan mitos enteng jodoh. Konon, siapa saja yang datang dan mandi atau meminum airnya bisa mendatangkan jodoh.

 

Traveler yang sudah bosan karena bertahun-tahun menjomblo, mungkin bisa liburan ke air terjun di Indonesia yang dipercaya bikin enteng jodoh. Siapa tahu, setelah liburan ke sana, traveler tidak jadi jomblo akut lagi.

 

Dikumpulkan detikTravel dari berbagai sumber, berikut 5 air terjun dengan mitos enteng jodoh:

1. Air Terjun Sekar Langit

Yang pertama adalah Air Terjun Sekar Langit di lereng Gunung Telomoyo di Kecamatan Grabag, Magelang, Jawa Tengah. Air terjun inilah yang katanya menjadi tempat Jaka Tarub mencuri selendang salah satu bidadari yang sedang mandi.

Selain menyimpan legenda Jaka Tarub, Air Terjun Sekar Langit juga dipercaya bisa bikin enteng jodoh. Konon, wanita yang mandi di sana bisa menjadi awet muda dan mudah bertemu jodoh. Menurut warga setempat, di area air terjun juga sering muncul penampakan buaya misterius dan wanita berbaju putih.

2. Air Terjun Kalijodoh

Air Terjun Kalijodoh bisa ditemukan di Kabupaten Pinrang, Sulawesi Selatan. Sesuai dengan namanya, di balik keindahan yang terpancar, air terjun tersebut juga menyimpan mitos jodoh.

Mitos ini berawal dari kisah sepasang pria dan wanita yang datang dan mandi di air terjun. Mereka berdoa untuk bertemu jodoh. Doanya terkabul dan mereka berdua pun segera melaksanakan pernikahan.

Mitos enteng jodoh itu kemudian terus tersebar hingga berbagai daerah di luar Pinrang. Traveler yang penasaran pun banyak yang berkunjung ke air terjun setinggi 100 meter ini. Mungkin ada yang ingin mendapat jodoh, atau memang hanya sekadar ingin menikmati keindahannya.

3. Air Terjun 7 Bidadari

Air Terjun 7 Bidadari atau sering juga disebut Curug 7 Bidadari tampak cantik dan bisa bikin wisatawan yang berkunjung betah bermain air di sana. Curug ini ada di Desa Keseneng, Kabupaten Semarang, Jawa Tengah.

Curug tersebut dinamakan 7 Bidadari karena ada legenda yang beredar di masyarakat setempat, bahwa dahuu ada 7 bidadari yang turun dari kahyangan untuk mandi di sini. Agak mirip dengan kisah Jaka Tarub.

Nah, di tepian curug ada sebuah sumur sedalam 1,5 meter. Air sumur inilah yang dipercaya bisa membuat pengunjung awet muda dan dimudahkan jodohnya. Kalau berkunjung ke curug, cobalah sekaligus mampir melihat sumur itu siapa tahu bertemu jodoh.

4. Air Terjun Takapala

Air Terjun Takapala berada di Malino, Sulawesi Selatan. Jika dari Makassar, air terjun bisa dicapai selama 2 jam perjalanan. Selama diperjalanan traveler akan disuguhi dengan pemandangan hutan yang indah di kanan dan kiri jalan.

Air terjun tersebut cukup populer di kalangan traveler. Konon, Air Terjun Takapala ini bisa mempertemukan jodoh. Buat traveler yang masih jomblo, siapa tahu bisa ketemu jodoh di air terjun.

5. Air Terjun Putri

Air Terjun atau Curug Putri merupakan salah satu objek wisata alam di area Bumi Perkemahan Palutungan, Kabupaten Kuningan, Jawa Barat. Suasana air terjun di kaki Gunung Ciremai ini begitu tenang dan asri. Dinamakan Curug Putri karena jika diperhatikan dengan seksama, bentuknya mirip seorang putri.

Airnya begitu jernih, dingin dan disebut-sebut menyimpan khasiat. Konon, pengunjung yang membasuh muka atau meminum airnya bisa dimudahkan dalam pencarian jodoh.

Percaya atau tidak percaya dengan mitos ini, semua kembali kepada diri sendiri. Yang pasti, traveler tetap bisa menikmati keindahan dan kesegaran yang tersaji di air terjun.(Dtk)

 

LAINNYA

KOMENTAR DISQUS :

TABEL LIGA

Top