Senin, 23 September 2019 |
FokusJambi - Nasional

Jalan Lintas Sumatera Bengkulu-Sumbar Terancam Putus

Selasa, 07 Juni 2016 | 11:54:54 WIB wib Dibaca: 142 Pengunjung
ilustrasi

FOKUSJAMBI.COM, Mukomuko - Jalan Lintas Sumatera yang menghubungkan Provinsi Bengkulu dengan Sumatera Barat di kabupaten Mukomukomuko semakin kritis dan terancam putus.

"Kalau tidak segera ditanggulangi dalam waktu dekat ini jalan itu putus," kata warga Kecamatan Penarik Yaridis, di Mukomuko, Selasa.

Yaridis yang setiap hari melintas sepanjang Jalan Lintas Sumatera Air Punggur itu mengatakan, hampir setiap hari pasang air laut naik dan menggenangi jalan di lokasi tersebut.

Bahkan, katanya, sampah-sampah dari tengah laut berserakan sepanjang jalan sehingga mengganggu kelancaran arus lalu lintas kendaraan yang melintas di jalan itu.

"Pengguna jalan menjadi cemas melintas di jalan itu," ujarnya lagi.

Bupati Mukomuko Choirul Huda mengatakan pihaknya akan memasang batu gajah di sepanjang pantai yang tergerus abrasi pantai di daerah itu.

"Pemasangan batu gajah itu untuk penanganan sementara, sebelum pemerintah pusat membangun pengaman pantai di daerah ini," ujarnya.

Pemerintah setempat, katanya, menanganinya dengan cara melakukan penimbunanan batu gajah di sepanjang pinggir pantai. "Kita maksimalkan penanganannya menggunakan batu gajah, sambil menunggu bantuan datang dari pusat," ujarnya.

Material batu gajah untuk menimbun sepanjang pantai itu, katanya, diusahakan dengan cara swadaya masyarakat. (Ant)
 

 

KOMENTAR DISQUS :

TABEL LIGA

Top