Selasa, 21 Mei 2019 |
FokusJambi - Hukum & Kriminal

Irwasda Polda Jambi Buka Kegiatan Wasrik Tahap 1 Pada Aspek Perencanaan Dan Pengorganisasian

Jumat, 15 Februari 2019 | 19:20:26 WIB wib Dibaca: 195 Pengunjung

FOKUSJAMBI.COM.JAMBI - Kepolisian Daerah (Polda) Jambi Pada Hari ini, Jum’at (15/02/19) Menggelar Kegiatan Acara Taklimat Awal Wasrik tahap 1 pada tahun 2019, Dimana Wasrik Tahap 1 ini Membahas Tentang  Aspek Perencanaan dan Pengorganisasian yang dilaksanakan mulai dari Tanggal 15 Februari,Sampai dengan Tanggal  12 Maret 2019, yang Dilakukan Oleh Tim Irwasda Polda Jambi. 

Dimana Acara tersebut dibuka Langsung Oleh Irwasda Polda Jambi Kombes Pol Drs Hari Nartanto.

Pelaksanaan Wasrik Tahap 1 ini  pada prinsipnya adalah melaksanakan kontrol pada Organisasi atau Satuan kerja di Polda dan Polres jajaran dalam  aspek perencanaan dan pengorganisasian. Sehingga pada akhirnya kegiatan yang direncanakan dapat terealisir dengan maksimal.

Dalam era Reformasi pada  saat ini, suatu keharusan bagi Kementerian ataupun Lembaga Negara termasuk Polri, untuk dapat  menerapkan Tata kelola pemerintahan yang Baik dan Bersih, good governance and clean government.

Salah satu Syarat atau ketentuan agar pemerintahan bisa berjalan dengan baik yaitu bergerak secara Sinergi, tidak saling berbenturan atau berlawanan dan mendapat dukungan dari masyarakat. Program kerja dapat dilaksanakan secara efektif dan efisien serta ekonomis melalui prinsip transparan dan akuntabel sehingga dapat dipertanggung jawabkan kepada seluruh pemangku kepentingan dan Masyarakat pada Umumnya.

Dalam Kata Sambutan dan Arahan nya 
Itwasda Polda Jambi  saat pembukaan mengatakan untuk menunjang tercapainya tata kelola  Pemerintahan yang baik dan bersih, Polri khususnya Polda Jambi telah melakukan berbagai upaya serta langkah-langkah diantaranya dalam  memelihara Kamtibmas,dan  Menegakkan hukum secara Profesional, Melindungi, mengayomi serta meningkatkan kualitas pelayanan kepada Seluruh  Masyarakat secara  Efektif dan Efisien. Namun hal itu dirasakan belum cukup, dan secara jujur harus kita akui masih terdapat berbagai kekurangan dan kelemahan dalam Pelaksanaannya, Ucap Irwasda Polda Jambi,Kombes Pol Hari Nartanto.

Dimana Banyaknya keluhan, kritik dan Sorotan dari  Masyarakat, serta penilatan dari pengawas Eksternal terhadap kinerja Polri menunjukkan bahwa berbagai upaya dan langkah yang telah kita lakukan belum sepenuhnya memenuhi apa yang menjadi tuntutan dan harapan dari Masyarakat, Lanjut Kombes Pol Hari Nartanto.

“Oleh karena itu, dalam menjamin terlaksananya seluruh program kerja sesuai dengan aturan, perlu senantiasa dilakukan kontrol  atau pengawasan, untuk mengetahui apakah semua Program kerja telah dilaksanakan sesuai dengan yang diharapkan, serta mencegah terjadinya penyimpangan dan penyalahgunaan wewenang yang berakibat berkurangnya kepercayaan Masyarakat kepada Polri, Sambung  Irwasda Polda Jambi Kombes Pol Hari Nartanto.

Kontrol Ataupun  Pengawasan Dalam Pelaksanaan Program Kerja Salah Satunya Dapat Dilakukan Dengan Melakukan Kegiatan Pengawasan Dan Pemeriksaan (Wasrik) Yang Diemban Oleh Irwasda Polda Jambi Selaku Apip (Aparat Pengawas Intern Pemerintah) Sesuai Dengan Peraturan Pemerintah Nomor 60 Tahun 2008. dalam peraturan tersebut Itwasda juga diberikan peran sebagai "Quality Assurance (penjamin mutu) dalam penyelenggara manajemen di lingkungan kepolisian sebagai "Quality Assurance" diharapkan inspektorat pengawasan melakukan tugas melalui kegiatan wasrik secara profesional dan proporsional guna mencari dan menemukan kekurangan dan kelemahan dalam pelaksanaan tugas untuk dilakukan perbaikan, menjadi konsultan dalam pemecahan masalah (problem solving) Tegas Irwasda Polda Jambi,Kombes Pol Hari Nartanto.

“Saya berharap kegiatan wasrik ini dapat dijadikan sebagai sarana sekaligus Evaluasi dan konsultasi terhadap permasalahan yang dihadapi, dengan cara memberikan Informasi berdasarkan fakta dan data yang sesuai dengan kenyataan di Satkernya masing-masing,Tutup Kombes Pol Hari Nartanto(Man)

KOMENTAR DISQUS :

TABEL LIGA

Top