Jumat, 22 Maret 2019 |
FokusJambi - Daerah

INI PENJELASAN GUBERNUR JAMBI ZUMI ZOLA USAI BERTEMU MENTERI EKO PUTRO SANDJOJO

Selasa, 25 Oktober 2016 | 14:28:05 WIB wib Dibaca: 748 Pengunjung


FOKUSJAMBI.COM, JAKARTA - Gubernur Jambi H.Zumi Zola Zulkifli,STP,MA, didampingi Ketua Bappeda Fawzi Ansori, Kadis PU Dodi Irawan dan Kaban BKPMD Eni Harriyati, Senin (24/10) sore kemarin pukul 16.00 WIB, bertemu langsung dengan Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi, di kantornya Jl Kalibata Jakarta Selatan. didampingi Dirjen Penyiapan Kawasan dan Pembangunan Permukiman Transmigrasi, Dirjen Pengembangan Kawasan Transmigrasi;dan Asisten Sekjen PPMD yang juga mantan Sekda Tanjab Barat, Drs.H.Muklis,MSi.

Dalam wawancaranya seusai rapat Zumi Zola menjelaskan bahwa Pertemuan dengan Menteri Eko Putro Sandjojo bertujuan meminta arahan, agar bisa sinergi antara kebijakan- kebijakan pemerintah pusat, pemerintah Provinsi dan Pemerintah Kabupaten /Kota se Provinsi Jambi.

“Tadi kita sudah mendapat arahan-arahan dan Allhamdulillah jadi suatu pencerahan bagi kami,"jelas Zola

Sebagai contoh lanjutnya, kita punya program 1 Kecamatan 1 Eksavator, itu bisa dilaksanakan dengan dana desa, tentu dengan mengikuti prosedurnya, kemudian juga bagaimana kita meningkatkan desa-desa yang belum mandiri menjadi desa mandiri, salah satunya adalah kita akan memfokuskan pengembangan komoditi beras, tebu dan jagung. Mengapa dengan 3 komoditi ini?, karena 3 komoditi inilah yang selalu dibutuhkan oleh pasar baik Nasional maupun Internasional.

"Kan permasalahan saat ini adalah pasca panen terkadang harga jatuh karena tidak ada pembelinya, nah ke 3 komoditi ini selalu ada pembelinya. Pak menteri akan membantu, tinggal lagi kelangsungannya, bahwa jangan sampai nanti ada investor yang akan membeli, tiba-tiba pasokan bahan bakunya kurang. Tinggal lagi Pemprov dan saya sudah minta kepada Bapeda untuk menkaji, mana-mana saja desa yang memiliki potensi 3 komoditi ini tadi. Saya berfikir Ini juga bisa jadi solusi dalam permasalahan karet, Kita bisa lakukan tumpangsari dengan jagung,"terangnya.

Dengan demikian, kata Zola, harga karet yang jatuh bisa terbantu masyarakat petani kita dengan hasil jagungnya tadi. Jagung pasti akan dibeli, beras pasti akan dibeli dan tebu juga pasti akan dibeli.

Pak Menteri juga menekankan tentang pentingnya pelabuhan,"nah tadi saya sampaikan bahwa kami akan membangun pelabuhan di Muara Sabak. Mudah-mudahan Bpk Eko Putro akan meneruskan ini ke 17 Kementerian yang memiliki jaringan lintas sectoral dengan beliau, termasuk PU dan Perhubungan juga, Jika tidak ada pelabuhannya, maka kerja besar ini akan terhambat juga,"sambung Zola.

Selain itu, Menteri juga menyampaikan bahwa dana desa ini nantinya bisa juga untuk pembuatan embung, Diharapkan dengan adanya embung, sawah di jambi tidak menggunakan pola tadah hujan lagi, Ini salah satu upaya Kementerian Desa agar produktifitas sawah kita bisa meningkat.

"Kita akan upayakan, kucuran dana desa ini sudah terrealisasi pada anggaran tahun 2017 ini.”Tandasnya. (Hms/uti)

KOMENTAR DISQUS :

TABEL LIGA

Top