Kamis, 22 Agustus 2019 |
FokusJambi - Peristiwa & Umum - Kesehatan & Gaya Hidup

Ini Penjelasan dr Asianto Terkait Penyakit yang Diderita Nabila

Sabtu, 03 Oktober 2015 | 20:44:03 WIB wib Dibaca: 1626 Pengunjung

Laporan Wartawan Fokus Jambi

FOKUSJAMBI.COM, JAMBI - Dr. Asianto Supargo, Sp.kj, DHSM selaku direktur Rumah Sakit Theresia menjelaskan selain dirinya mengklarifikasi dan membantah atas penyebab meninggalnya Nabila Balita berusia 1,2 tahun yang meninggal karena dampak kabut asap, dia juga menjelaskan penyakit yang dialami Nabila.

Diterangkannya, dalam pemeriksaan pihak rumah sakit, Nabila menderita penyakit sepsis yaitu kegagalan multi fungsi organ dan kegagalan dari fungsi kadeofaskuler.

"Pasien itu kita tolong dengan segala macam usaha tapi tidak bisa mengangkatnya. Namun, kondisinya waktu datang itu ya sudah seperti itu," timpalnya.

Sementara Satgas Kesehatan Dr. Ike Silviana mkm, menanggapi kasus yang menimpa Nabila itu. Dijelaskannya data dan hasil yang diterima timnya menyebutkan kondisi Nabila memang mengalami kondisi tidak baik yaitu dia mengalami batuk dan pilek sebelumnya.

"Hasil yang kita dapat anak itu kondisinya memang batuk pilek. Korban Nabila itu indikasinya penyakit sepsis sama seperti yang dikatakan Pak Asianto tadi. Yaitu sangat berat untuk anak-anak apalagi kondisinya sudah seperti itu," jelasnya.

"Dia (nabila-re) dikatakan penyakitnya sepsis yaitu ada infeksi ada yang menyerang anak tersebut jadi ada multipen organ terlibat ada shok dari kadiopaskulernya seperti yang dikatakan Pak Asianto tadi, memang cukup berat apalagi kalau memang untuk anak-anak. Jadi saya tegaskan kalau karena asap kecil kemungkinan," tandasnya.

Ike menghimbau, melihat kondisi di Jambi saat ini masih dilanda kabut asap, masyarakat dihimbau untuk tidak keluar rumah dulu, dan selalu kenakan masker bila keluar rumah.

"Kalau ada kegiatan di luar gedung tolong dikurangi, yang pasti kebiasan hidup bersih dan sehat itu yang diharapkan. kemudian makan yang benar istirahat yang cukup tetap yang pasti batasi kegiatan diluar rumah," tutupnya. (Uti)

KOMENTAR DISQUS :

TABEL LIGA

Top