Selasa, 17 September 2019 |
FokusJambi - Peristiwa & Umum - Sosok & Tokoh

INI MBAH LOSO, 48 TAHUN HIDUP SEATAP DENGAN 3 EKOR KAMBING KESAYANGANYA

Rabu, 13 September 2017 | 18:13:53 WIB wib Dibaca: 347 Pengunjung
mbah loso saat memberikan makan kepada tiga ekor kambing kesayanganya

FOKUSJAMBI.COM, KOTA JAMBI – Hidup terkucil dan jauh dari pemukiman rumah warga mungkin sudah biasa bagi kita, namun tidak bagi kakek berusia 75 tahun bernama mbah loso sudirman warga jalan mustika Rt 09 kecamatan pall merah lama kota jambi ini. Selain hidup sebatangkara untuk bertahan hidup ia rela tinggal sekandang dengan tiga ekor kambing kesayanganya hingga 48 tahun lamanya.

Loso menceritakan jika Kambing ini memang merupakan harta berharga miliknya saat ini, kambing yang dibelinya sejak kecil dari uang yang ia kumpulkan dari sebagian bantuan oleh warga sekitar maupun hasil berjualan sayur kangkung itulah yang ia rawat hingga besar yang merupakan teman hidup mbah loso dalam usia senjanya kini.

Kehidupan mbah loso pun jauh dari kata layak, keadaan rumah mbah loso yang sangat tidak nyaman maupun penuh dengan sarang penyakit itu seakan tak menjadi pikiran baginya untuk menjalani hidupnya sendiri selama ini.

Gubuk tua beratapan seng yang telah bocor dan beralas tanah liat yang penuh dengan kotoran kambing miliknya itu seakan tak tercium olehnya untuk menjalani hidup mbah loso yang hanya sebatang kara.

Bagaimana tidak, mbah loso ini memang sudah lama terpisah dari keluarganya didaerah pulau jawa tepatnya didaerah kebumen jawa tengah sejak 50 tahun lamanya.

Disambangi di kediamanya, mbah loso menjelaskan bahwa Seluruh keluarganya saat ini memang banyak yang tidak tau dengan keadaan dirinya saaat ini, terkadang mbah loso juga lupa dimana tepatnya keluarganya itu tinggal, yang membuat ia terpaksa memilih hidup sendiri digubuk tua yang tak lain merupakan kandang kambing yang merupakan hewan ternak miliknya.

“saya tinggal sama perliaharaan sayalah, saya merasa nyaman karena sudah terbiasa,”ungkapnya.

Sehari-harinya itu mbah loso hanya dapat memetik sayur kangkung yang tumbuh liar yang tak jauh dari rumahnya, sayur kangkung yang selain untuk dijual kembali juga terkadang merupakan masakan sehari-hari nya dalam bertahan hidup selama ini.

"ya selain ada tiga ekor kambing mas, ada juga burung, kelinci yang saya perliahara di sini,"terang mbah loso lagi.

Tidak seperti kebanyakan orang lainnya yang mana dimasa tua seperti mbah loso seharusnya hidup dengan tenang dengan keadaan yang sehat dimasa tuanya itu.

Namun itu sepertinya tak mungkin dapat mbah loso rasakan, karena menjalani hidupnya kini yang hanya tinggal bersama dua ekor kambing peliharaannya itu telah menjadi pilihan olehnya untuk bertahan hidup dikejamnya dunia saat ini.(Dar)

KOMENTAR DISQUS :

TABEL LIGA

Top